BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sergab Koramil 05/Jatinom
Sergab Koramil 05/Jatinom

Sergab Koramil 05/Jatinom

Pada hari Rabu tanggal 14 September 2016 Danra Ramil 05/Jatinom Kapten Inf Sukatman melaksanakan Sergab di Bulog Meger dengan hasil beras masuk sebanyak 81,055 Ton dengan rincian sebagai berikut :
1. CV. Sari Daun Putra Wonogiri : 15 ton
2. UD. Sekar Putri Klaten : 30 ton
3. Gapoktan Tunas Makmur Klaten : 11.055 ton
4. PB. Indo Putri Sragen : 15 ton
5. UD. Aji Jaya Wiwaha Klaten : 10 ton

Strategi baru Kodim 0723/Klaten terkait upaya pengendalian pasokan dan harga beras, dengan harapan petani langsung menjual ke Bulog terdekat yang sesuai kreteria. Program khusus diluncurkan untuk memastikan petani tak dirugikan, sementara konsumen bisa mendapatkan beras dalam harga wajar.

Panen tahun ini harga gabah di tingkat petani tidak jatuh, Kodim 0723/Klaten bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Klaten telah mencanangkan Operasi Serapan Gabah (Sergap).

Tujuan Sergab adalah mencegah harga gabah anjlok, hal yang sebelumnya kerap terjadi setiap kali panen tiba. Dengan operasi ini harga gabah di tingkat petani sebisa mungkin berada di kisaran harga pembelian pemerintah (HPP), yaitu di level Rp 3.700 per kilogram gabah kering panen (GKP). Pelaksanaan operasi menggandeng Bulog, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), TNI, BRI, dan para penyuluh pertanian.

Sergap tak hanya memastikan stabilitas harga pembelian gabah dan menjamin stok Bulog, tetapi yang terpenting justru memotong rantai pasokan gabah. Selama ini, disparitas harga beras ditengarai berasal dari panjangnya rantai pasokan dari gabah petani hingga beras sampai ke tangan konsumen. P

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer