BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Serma Suwarno Manfaatkan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayuran Dan Buah
Serma Suwarno Manfaatkan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayuran Dan Buah

Serma Suwarno Manfaatkan Pekarangan Rumah Dengan Tanaman Sayuran Dan Buah

Masalah pangan seharusnya disadari semua manusia. Hidup butuh makan dan makan harus diproduksi agar ketersediaan pangan tercukupi. Saat ini negeri kita yang subur terancam masalah pangan. Penduduk terus bertambah, namun kesadaran memproduksi pangan belum tumbuh seiring pertambahan penduduk. Negara kita saat ini sudah menjadi pengimpor beberapa produk dan bahan pangan. Beras, gula, kedelai, buah-buahan yang didalam negeri berlimpah pun impor, sungguh memprihatinkan.

Sebagai contoh Pulau Jawa dengan penduduk terpadat, memiliki tanah yang subur. Namun demikian lahan pertanian di Jawa makin susut karena desakan pembangunan gedung untuk perumahan, industri, perkantoran dan berbagai bangunan yang terus tumbuh dan berkembang pesat belakangan ini. Untuk mengatasi kekurangan produksi pangan harus ditempuh dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan potensi pekarangan kosong dan halaman rumah dengan tanaman produksi yang cocok dengan lingkungan di masing-masing rumah.

Hal itulah yg memotifasi Sersan Mayor Suwarno anggota Koramil 15/Moyudan yg tinggal di Dusun Tegal Ngijon, RT 05 EW 41 Gatak Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Kab Sleman dengan ketekunannya memanfaatkan lahan rumahnya untuk dimanfaatkan sebaik baiknya. Serma Suwarno mengubah lahan yg sebelumnya tidak bermanfaat diubah menjadi lahan kecil yg bisa menghasilkan meski untuk konsumsi sendiri. Lahan tersebut ditanami berbagai aneka sayuran dan buah. Serta memanfaatkan air yg cukup tersedia untuk kolam ikan.

Menurut Serma Suwarno lahan yg meskipun sempit selain dapat menghasilkan sayuran dan buah untuk konsumsi keluarga juga akan memperindah halaman. Rerimbunan pohon memberikan oksigen dan menarik minat para pejalan kaki yang melewati rumah kita. Mereka akan tergerak untuk belajar dan ingin mempraktekkan bercocok tanam di rumahnya. Apabila langkah para warga lain di sekitar kita melakukan hal yang sama, maka pangan di sekitar kita akan cukup tersedia.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer