BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Sinden Idol dan Festival Karawitan Meriahkan HUT TNI dan Kodam IV/Diponegoro

Sinden Idol dan Festival Karawitan Meriahkan HUT TNI dan Kodam IV/Diponegoro

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 69 Tentara NasionaI Indonesia dan HUT ke 64 Kodam IV/Diponegoro akan diselenggarakan Sinden Idol dan Festival Karawitan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memelihara kelestarian budaya khususnya Jawa Tengah.

Materi yang akan dilombakan dalam Sinden Idol dan Festival Karawitan diantaranya paket :

a) Ladrang Subasiti Laras Slendro Pathet Sanga garap kendang kalih irama wiled kalajengaken Ketawang Sinom Wenikenya kalajengaken gending pilihan : (1) Lelagon Dara Muluk laras slendro pathet sanga miring atay (2) Lelagon Ora Ngiro laras slendro pathet sanga

b). Ladrang Maskentar Laras Pelog Pathet Nem garap kendang kalih irama wiled kalajengaken Ketawang Suba Kastawa, laras pelog pathet nem, kalajengaken gendhing pilihan : (1) lelagon Gudheg Jogja laras pelog pathet nem atau (2) Lelagon ngundha Layangan laras pelog pathet nem.

Audiensi dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 16 September 2014. Peserta audiensi sinden adalah sinden-sinden yang menjadi pesinden pada kelompok karawitan peserta Karawitan Festival dan wajib nyinden gending-gending materi lomba. Pada tahap ini akan memilih 20 peserta yang terdiri dari 10 orang kategori remaja dan 10 kategori dewasa/umum.

Bagi peserta yang terpilih, wajib mengikuti tahapan Diponegoro Sinden Idol lanjutan yaitu karantina untuk diberikan pelatihan, semi final dan grand final. Karantina dan pelatihan dilaksanakan tanggal 17 September 2014 bertempat di Yonarhanudse-15, Semarang. Selama mengikuti karantina, peserta diberikan materi oleh akademisi, budayawan, pakar karawitan, dan pesinden berupa teknik-teknik kepesindenan dan penguasaan gending-gending yang dilombakan serta etika dan tatakrama pesinden di panggung dan di luar panggung.

Usai mengikuti masa karantina, peserta akan memasuki semi final pada tanggal 18 September 2014. Semi final akan dilaksanakan pada malam hari di Balai Diponegoro/Gedung Wisma Perdamaian, Semarang. Pada tahap ini akan dipilih 10 peserta, yaitu 5 sinden kategori remaja dan 5 sinden dewasa/umum.

Sedangkan untuk grand final akan dilaksanakan tanggal 19 September 2014 di Paragon Mall Surakarta yang diikuti 10 peserta. Grand final merupakan tahap akhir Sinden Idol yang akan memilih masing-masing kategori remaja dan dewasa dipilih juara 1, 2, 3, juara harapan 1 dan 2.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer