BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sistem Jajar Legowo Meningkatkan Produksi Pertanian
Sistem Jajar Legowo Meningkatkan Produksi Pertanian

Sistem Jajar Legowo Meningkatkan Produksi Pertanian

Babinsa Blimbing Koramil 08/Sambirejo Dim 0725/Sragen Serda Efan melaksanakan komsos dengan  dengan petani padi Bp Pono di Ds Blimbing Kec. Sambirejo pada 23/03/2015. Dalam kesempatan ini Serda Efan memberikan pengarahan kepada Bp Pono mengenai tanam padi dengan system jajar legowo.

Serda Efan menyampaikan ada cara yang bisa di tempuh oleh petani dalam proses meningkatkan produksi padi mengarahkan petani  supaya menggunakan system jajar legowo 2:1. Adapun penerapannya  Jajar Legowo 2:1 adalah Setiap dua baris tanaman padi tersebut  diselingi satu baris yang kosong dengan lebar dua kali jarak tanam, dan pada jarak tanam dalam baris yang memanjang di perpendek menjadi setengah jarak tanam dalam barisannya.

Adapun Tujuan utama dari Sistem Jajar Legowo ini  yaitu meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir Karena tanaman padi yang berada di pinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik, ini dikarenakan tanaman padi di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Itulah sebabnya sistem jajar legowo menjadi salah satu pilihan dalam proses meningkatkan produksi gabah.

Serda Efan menambahkan dengan diterapkannya system jajar legowo tersebut  didukung dengan pengairan irigasi yang cukup dan pemupukan yang benar diharapkan hasil produksi padi dalam MT II ke depan akan lebih maksimal sesuai yang diharapkan bersama sehingga jerih payah para petani tidak akan sia-sia. Para petani tidak perlu ragu-ragu menerapkan system jajar legowo 2:1 karena system ini sudah teruji melalui riset oleh pihak Dispertan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer