BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Atasi Demoralisasi Generasi Muda
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Atasi Demoralisasi Generasi Muda

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Atasi Demoralisasi Generasi Muda

Dalam rangka ikut serta membina generasi muda di wilayah Kabupaten Sragen serta guna untuk menangkal demoralisasi dikalangan pelajar, mahasiswa, para pendidik dan masyarakat, Kasdim 0725/Sragen ,  pada Hari Rabu , 11 Maret 2015 telah melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan pembentukan karakter 4 ( empat ) Pilar Kebangsaan Atasi Demoralisasi Generasi Muda, yang di laksanakan di  Gedung Korpri Kabupaten Sragen.  Sosialisasi diikuti oleh 100 orang terdiri dari  Guru,Mahasiswa dan pelajar  di Kabupaten Sragen.

Dijelaskan oleh Mayor Inf  Mantang Kasdim 0725/Sragen,yang dimaksud 4 ( empat) pilar yaitu meliputi,Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika,NKRI bahwa masing-masing individu generasi muda yang telah dan memahami hakekat wawasan kebangsaan dan jiwa Pancasila yang kuat akan dapat menopang bangsa dari berbagai ancaman Negara seperti upaya penggantian Idiologi negara, kelompok  separatis, konflik horisontal, radikalisme, sehingga pelajar sebagai generasi muda harus berwawasan kebangsaan dan Pancasilais.

Karena Pemuda adalah Generasi penerus Bangsa maka harus mempunyai wawasan kebangsaan dan 4  pilar kebangsaan, karena suatu bangsa mempunyai permasalahan yaitu munculnya egoisme, suasana kehidupan cenderung provokatif, hilangnya satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, hilangnya kesadaran bela Negara dan semangat disintegrasi yang tidak terkendali.

Dikarenakan Minimnya Pendidikan tentang 4 (empat) Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dan wawasan kebangsaan dapat menimbulkan kefakuman di berbagai lembaga pendidikan sehingga mudah dimasuki faham idiologi lain yg bertentangan dengan Pancasila yang merupakan ancaman bagi Negara.

Maka harus di biasakan supaya sadar tentang wawasan kebangsaan untuk menangkal pengaruh negatif nilai nilai global yang tidak sejalan dengan budaya,konsolidasi demokrasi dan penataan sisitem sosial serta sistim kenegaraan dan saling membela dan berkorban memelihara kebersamaan dan keutuhan NKRI.

Para peserta sosialisasi harus menjujung tinggi budaya bangsa, disiplin, cinta produk dalam negeri, sadar hukum dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kasdim 0725/Sragen dalam ajakannya tersebut    menyambut baik dengan program yang dilaksanakan oleh Kodim 0725/ Sragen, dengan demikian sangat membantu membentuk jiwa dan karakter para pelajar, Mahasiswa, para pendidik dan masyarakat

Hadir dalam acara tersebut yaitu Kadis Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga  Bp.Purwadi Haryanto S.sos, Badan Kesbangpollinmas Bp.Giyadi,SH, Sekretaris Umum KNPI Kab. Sragen Bp.Taufik Nugroho.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer