BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi P4GN di Korem 074/Warastratama
Sosialisasi P4GN di Korem 074/Warastratama

Sosialisasi P4GN di Korem 074/Warastratama

Surakarta (24/3)  Korem 074/Warastratama gelar Sosialisai Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi prajurit dan PNS Korem 074/Warastratama serta Satuan Dinas Jawatan Jajaran Korem 074/Warastratama , karena tingginya peredaran Narkoba di Wilayah Solo Raya.  Sosialisasi ini bekerjasama dengan Satuan narkoba Polres Sukoharjo, RSUD Wonogiri dan BNK Sukoharjo.

Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Bakti Agus Fadjari, S.IP membuka acara sosialisasi P4GN, dalam sambutannya Danrem 074/Wrt  menyampaikan selamat datang kepada Ketua Tim Penyuluh beserta Rombongan, selain itu Danrem 074/Wrt juga menyampaikan bahwa pemberantasan Narkoba tidak hanya difokuskan di wilayah perkotaan tetapi juga dilakukan di pelosok-pelosok.

Danrem menegaskan pimpinan akan menindak tegas setiap anggota jika terbukti terlibat kasus penyalahgunaan narkoba. Tujuan dari sosialisasi ini, agar seluruh prajurit maupun PNS dapat bebas dari pengaruh bahaya narkoba, yang  pada  akhirnya  bisa  merusak  moral  dan kepribadian setiap prajurit itu sendiri.

Dalam sosialisasi tersebut, pemberi Materi dari Psikiater RSUD Wonogiri dr.Romy Novrizal, Sp.Kj, M.Kes menyampaikan bahwa Narkoba memiliki 3 sifat, yaitu Habitual (Kangen kepada Narkoba), Adiktif (Ketergantungan) dan Toleran (Semakin enak dosis bertambah) dan bahan dosis Narkoba terbuat dari Candu, Heroin dan Kokein. Untuk itu dalam penanggulangnya melalui 3 pilar, antara lain Pencegahan, Rehabilitasi dan Pemberantasan, selain itu ditambahkan  bahwa dampak dari penggunaan narkoba adalah masalah kejiwaan, selanjutnya pemberi materi dari satuan Narkoba Polres Sukoharjo menyampaikan sanksi hokum terhadap pengguna dan pengedar narkoba, dan yang terakir pemberi materi BNN Kabupaten Sukoharjo Agus Winadarko, SE menyampaikan, bahwa saat ini wilayah Solo mendapat predikat no. I se Jawa Tengah untuk penggunaan narkoba, jaringan narkoba saat ini sudah merambah sampai tingkat desa. Baik itu pelajar, pemuda maupun ibu rumah tangga.  Diharapkan TNI/Polri mengajak masyarakat untuk bersatu memerangi narkoba serta harus memiliki pola pikir, sikap dan terampil menolak penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, untuk memerangi bahaya narkoba dibutuhkan sebuah komitmen bersama disemua pihak.

Kegiatan acara Sosialisasi P4GN tersebut digelar dengan metoda ceramah, tanya jawab serta pemutaran film dokumenter tentang bahaya narkoba, Seusai acara sosialisasi dilakukan pemeriksaan (test urine) secara acak kepada personel yg hadir dan ikut dalam kegiatan tersebut  dengan tujuan agar diketahui apakah ada personel yg mengonsumsi Narkotika, dari hasil pemeriksaan tes urine tersebut diperoleh hasil negatif artinya personel tersebut dinyatakan bebas dari narkoba.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer