BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Jaringan Irigasi dan Pengembangan Optimasi Lahan
Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Jaringan Irigasi dan Pengembangan Optimasi  Lahan

Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Jaringan Irigasi dan Pengembangan Optimasi Lahan

Tegal (24/3) Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Jefson Marisano S, S.I.P. di wakili Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Suswantoro mengikuti rapat sosialisasi pelaksanaan kegiatan pengembangan jaringan dan pengembangan optimasi lahan dan refocusing bertempat di Distanbunhut Kab,Tegal

Kegiatan tersebut di hadiri Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Suswantoro, Kadis Tanbunhut Kab. Tegal, Ir.Khofifah, MM,  Sekertaris tanbunhut Drs.Heri Budi Santoso dan 50 Babinsa Jajaran Kodim 0712/Tegal serta 52 orang Kelompok Tani.

Sosialisasi pengembangan jaringan irigasi dengan tujuan dan sasaran Meningkatkan kinerja jaringan irigasi tersier sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi serta Meningkatkan produksi dan produktivitas padi melalui penambahan luas areal tanam dan/atau layanan jaringan irigasi dan Meningkatkan partisipasi petani dalam pengelolaan jaringan irigasi.

Karena norma Pengembangan/rehabilitasi jaringan irigasi merupakan kegiatan guna menambah luas areal tanam dan/atau meningkatkan intensitas pertanaman (IP) serta pengembangan irigasi air permukaan / non rawa dengan jaringan primer dan sekunder dalam fisik baik, lebara saluran disesuaikan dengan debit air dan luas lahan sawah yang di airi, kemiringan saluran disesuaikan dengan kelerengan lahan serta luas lahan sawah kelompok tani/ gapoktan minimal 15 Ha sedangkan P3A minimal 25 Ha.

lokasi diutamakan pada jaringan irigasi yang tersiernya mengalami kerusakan dan memerlukan pembangunan.Jaringan primer, sekunder dalam kondisi baik dan sumber air tersedia melalui koordinasi dengan Dinas/Balai lingkup pengairan sesuai kewenangan Daerah Irigasinya, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dinas/Balai lingkup pengairan.

Optimasi Lahan merupakan kegiatan perbaikan dan peningkatan kesuburan lahan yang mempunyai potensi untuk dapat meningkatka  produksi/produktifitas hasil, serta Indeks Pertanaman (IP)  minimal sebesar 0,5 dan atau produktifitas padi meningkatkan 0,3 ton/ha GKP dari kondisi sebelumnya Biaya dan unit cost pelaksanaan kegiatan Optimasi Lahan dibiayai dari  Dana Tugas Pembantuan (TP) tahun 2015 sebesar Rp. 1.200.000,-/Ha

Untuk Proses penarikan/pencairan tahap pertama (50%) :Harus membuat rencana anggaran penggunaan dana sesuai dengan nilai anggaran tahap 1 di tandatangani ketua kelompok, mengetahui oleh Ka UPTD kec setempat  dan  Proses penarikan/pencairan tahap kedua (50%) Harus membuat rencana anggaran penggunaan dana sesuai dengan nilai anggaran tahap 2 di tandatangani ketua kelompok, mengetahui oleh Ka UPTD kec setempat dan menyerahkan ke dinas SPJ penggunaan anggaran tahap pertama dan foto pelaksanaan dan saprodi yang sudah dibelanjakan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer