BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi Perbaikan Hidromechanikal Waduk Penjalin Paguyangan Brebes
Sosialisasi Perbaikan Hidromechanikal Waduk Penjalin Paguyangan Brebes

Sosialisasi Perbaikan Hidromechanikal Waduk Penjalin Paguyangan Brebes

Paguyangan, Senin (2/3) Bertempat di Ruang pertemuan waduk Penjalin Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes telah berlangsung sosialisasi persiapan rencana perbaikan Hidromechanikal waduk Penjalin oleh Balai Besar Sungai Pemali Juwana yang dilaksanakan oleh PT Barata Indonesia Tegal dan dihadiri sekitar 50 orang. Selaku penanggung jawab adalah Bapak Sri Purwanto ST. MT (Ka Balai Pengolahan sumberdaya air Pemali Comal). Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kepala Balai besar wilayah sungai Pemali Juwana yang diwakili oleh Staf Bapak Adi, Kepala Dinas pengairan ESDM Kab. Brebes yang diwakili Kepala Direksi Bapak Mujari, Kepala  DPU Kab. Tegal Bapak Wisnu, Kabid sungai waduk pantai Dinas PSDA Prov Jateng Ir. Pangestu, Muspika Kec. Paguyangan, Para Kades se-Kec. Paguyangan dan Toga, Tomas Kec. Paguyangan.

Bapak Mujari dari Dinas pengairan, energy dan SDM Kab. Brebes mengatakan “ Perbaikan waduk Penjalin di desa Winduaji merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini balai besar wilayah sungai Pemali Juwana yang berkedudukan di Semarang dan sebagai pemenang proyek adalah PT Barata Indonesia Tegal yang beralamat di Jln. Pemuda No.07 Kota Tegal. Pekerjaan pemasangan Sluice Gate Valve 4 unit di waduk Penjalin yang memang perlu diperbaiki karena sejak diresmikan pada tahun 1934 belum      pernah ada perbaikan sehingga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pengerjaan  proyek oleh PT Barata Indonesia akan berlangsung selama 5 bulan. Dalam pelaksanaannya nantinya air waduk penjalin akan diturunkan sekitar 5 M, sehingga warga sekitar dihimbau untuk pengertiannya “.

“ Kami mengharapkan dengan adanya rehab ini tidak merugikan masyarakat karena warga masyarakat sekitar sangat bergantung akan air bendungan waduk Penjalin. Keamanan warga lebih diutamakan jangan sampai dengan adanya rehab akan menimbulkan musibah yang tidak diharapkan sehingga akan mengakibatkan kerugian besar bagi warga “, ujar Kades Desa Winduaji Kec. Paguyangan Habib Musyawa.

Danramil 11/Paguyangan Kapten Inf Sakwad dalam sambutannya mengatakan “ Terimakasih kepada PT Barata Indonesia sebagai pemenang tender dan diharapkan dapat bekerjasama dengan instansi terkait. Diharapkan selama proyek berjalan jangan pernah diganggu dalam pengerjaannya karena akan diadakan patroli bersama TNI-Polri dalam hal ini dalam hal ini patroli gabungan Koramil 11/Paguyangan dengan Polsek Paguyangan dan akan bertindak tegas apabila ada kelompok atau perorangan yang akan menggangu jalannya proyek tersebut “.

Jenis perbaikan yang akan dilaksanakan adalah perbaikan Trasharck yaitu perbaikan untuk perkuatan menara, pembongkaran dan pemasangan Sluice Gate Valve DN 400 dan pipa Conduit guna mempermudah dalam pembongkaran. Jenis pekerjaan pemasangan Sluice Gate Valve DN ada 4 unit yaitu Sluice Gate Valve DN 400  2 unit kanan/kiri dan Sluice Gate Valve DN 500 2 unit kanan/kiri. (Kodim 0713/Brebes).

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer