BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi Sinergitas TNI- Polri
Sosialisasi  Sinergitas TNI- Polri

Sosialisasi Sinergitas TNI- Polri

Kanit Reg Ident Polres Bantul, Ipda Sutrisno memberikan sosialisasi dalam acara “Sinergitas TNI- Polri Menuju Indonesia Tertib”  serta memberikan hadiah helm standar di Aula Makodim 0729/Bantul, Senin (12/10).

Umur Belum 17 Tahun, Sistem Menolak

Bagi masyarakat yang yang ingin membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM)  termasuk dari keluarga TNI namun  belum berusia 17 tahun, secara otomatis sistem di Satlantas akan menolak. Karena memang komputer dan jaringan di lalulintas sudah tersistem dengan sedemikian rupa, sehingga tidak bisa membuat SIM untuk dibawah umur.
“Kalau membuat SIM ternyata umurnya belum 17 tahun tidak akan bisa, langsung tertolak di sistem. Mengenai umur 17 tahun tersebut sudah berdasarkan kajian di Prolegnas  dan  UU diputuskan usia 17 tahun adalah masa dimana seseorang dianggap

matang untuk membawa kendaraan bermotor,”kata Kanit Reg Ident Polres Bantul, Ipda Sutrisno dalam acara “Sinergitas TNI-Polri Menuju Indonesia Tertib” di Aula Makodim 0729/Bantul,Senin (12/10). Acara dihadiri Komandan Kodim, Letkol (Kav)

Tumadi S Sos, Kasatlantas AKP Sugiantoro,para Danramil, Babinsa serta PNS di lingkungan Kodim Bantul.
Adapun untuk syarat pembuatan SIM menurut Ipda Sutrisno  adalah fotokopi KTP,surat keterangan kesehatan dan

juga membayar biaya yang ditetapkan. Selanjutnya menjalani potret dan diambil sidik jari oleh petugas Satlantas. Setelah itu

ada tes baik teori atau praktek, ketika lolos barulah dicetak SIM yang dibuat. Namun bagi yang hanya ingin memperpanjang

SIM cukup dengan membawa SIM lama dan foto kopi serta fotokopi KTP akan diproses dan hanya butuh waktu sebentar. “SIM

masih bisa diperpanjang ketika masa habisnya maksimal tiga bulan. Ketika lewat dari itu maka akan dianggap membuat SIM baru,”katanya.

Selain mengenai SIM,pihak Satlantas Polres Bantul juga memberikan informasi seputar perpanjangan STNK dan surat berkendara lainnya.     Sedangkan Dandim mengatakan adanya sosialisasi tersebut akan memberikan wawasan tambahan bagi anggota TNI khususnya terkait kelengkapan berkendara. “Sehingga informasi  ini bermanfaat bagi anggota TNI dan seluruh keluarganya dan menjadikan Keluarga Besar TNI sebagai sosok yang tertib berlalu lintas,”kata Dandim. Sekaligus kegiatan ini untuk meningkatkan hubungan yang harmonis antara TNI dan Polri.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer