BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sosialisasi Wasbang Bagi Pelajar Mutlak Guna Membentuk Generasi yang Berkarakter
Sosialisasi Wasbang Bagi Pelajar Mutlak Guna Membentuk Generasi yang Berkarakter

Sosialisasi Wasbang Bagi Pelajar Mutlak Guna Membentuk Generasi yang Berkarakter

(Sleman) – Dalam upaya meningkatkan kesadaran bela Negara sejak dini dan cinta tanah air dikalangan Pelajar Dandim 0732/Sleman Letkol Arm Djoko Sudjarwo memberikan materi Wawasan Kebangsaan ( Bela Negara ) kepada para pelajar pelajar perwakilan kelas 10, kelas 11 dan kelas 12 lk 100 orang siswa siswa SMA 1 Negeri Sleman. Sabtu (12/11)

Letkol Arm Djoko Sdjarwo menyampaikan kepada para siswa bahwaSosialisasi Wawasan Kebangsaan ini diberikan melihat kondisi wawasan Kebangsaan Masyarakat Indonesia saat ini sangat memprihatinkan, khususnya tentang Bela Negara. Dengan aumber daya alam Indonesia yang melimpah, dan letak geografis yang strategis membuat Indonesia menjadi target negara lain untuk berupaya menguasai semua sumber daya tersebut.

Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini pelajar sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan Bela Negara sejak dini ini, karena hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia. “Semakin banyaknya ancaman multi dimensi yang tidak kelihatan serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah dan juga upaya negara lain dengan mengadu domba antar masyarakat dengan memunculkan isu Sara,” Terangnya

Kelemahan bangsa Indonesia adalah mudahnya masyarakat terprovokasi oleh issu Sara. Untuk itu Pemahaman 4 Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Guna menumbuhkan rasa kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda dengan cita-citannya menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani oleh Negara lain di dunia. “Untuk terwujudnya semua itu diperlukan komitmen bersama yang benar – benar dilandasi semangat kebersamaan , senasib dan sepenanggungan. ” jelas Dandim.

“Dengan ini semangat kebangsaan dan semangat kebhinekaan maka bangsa Indonesia akan dapat mengatasi segala ancaman yang membahayakan keutuhan NKRI”.

Selain itu Komadan Kodim 0732/Sleman juga mwnyampaiakn yentan “Proxy War” yang berupaya menghilangkan rasa Nasionalisme dan Patriotisme dengan sasaran generasi muda, salah satinya dengan meracuni pemuda dengan Narkoba, sehingga akan mudah dipecah belah dan mudah dikendalikan oleh pihak yang memanfaatkan.

Diakhir soaialisasi Wasbang Dandim 0732/Sleman berpesan kepada para siswa agar menjadi manusia yang bisa membanggakan kedua orang tua, lingkungan, serta menjadi pemuda yang handal demi kemajuan NKRI yang kita cintai bersama.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer