BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sragen Penyangga Pangan Propinsi Jateng
Sragen Penyangga Pangan Propinsi Jateng

Sragen Penyangga Pangan Propinsi Jateng

( Kodim 0725/Sragen ) Pembangunan pertanian adalah suatu bagian integral dari pembangunan ekonomi dan masyarakat secara umum. Karena secara luas pembangunan pertanian bukan hanya proses atau kegiatan menambah produksi pertanian saja, melainkan sebuah proses yang menghasilkan perubahan sosial baik nilai, norma, perilaku, lembaga, sosial dan sebagainya demi mencapai pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat yang lebih baik.

Di kabupaten Sragen, pembangunan sektor pertanian merupakan sebagian pembangunan kabupaten Sragen yang mencakup berbagai sektor. Sebagai daerah produksi beras yang juga lumbung beras nomor 2 di Jawa Tengah, sektor pertanian tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di kabupaten Sragen namun juga mensuply kebutuhan pangan di Jawa Tengah. Sebagai penyuplai di tingkat propinsi, bisa dilihat dari produksi padi tahun 2014 yang mencapai 584. 627 ton Gabah kering Giling (GKG) atau setara 324.407 ton beras. Sementara kebutuhan beras di kabupaten Sragen berkisar 80.189 ton/tahun. Sehingga pada tahun 2014 surplus beras mencapai 244.218 ton.

Upaya pemkab Sragen dalam mendukung pembangunan di sektor pertanian antara lain melaksanakan perbaikan / rehabilitasi jaringan irigasi tersier, pembuatan sumur untuk pertanian, pembangunan jalan usaha tani, bantuan benih unggul (padi dan kedelai) serta pupuk organik, fasilitasi pimnjam pakai alat mesin pertanian (traktor, rice transplater, combine harvester). Selain itu, bantuan alat mesin pertanian, pembinaan manajemen usaha milik kelompok tani, bantuan alat mesin pertanian, pembinaan manajemen usaha milik kelompok tani, bantuan pestisida untuk tanaman padi, bibit tanaman hortikultura dan saprodi, domba kepada Kelompok Usaha Bersama, menumbuhkembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari, Revitalisasi Rice Milling Unit (RMU), Pembanguna nLumbung Pangan.

Hingga saat ini Pemkab Sragen tetap konsisten dalam melaksanakan pembangunan di bidang pertanian dengan tetap mempertahankan Lahan Pertanian Pangan Bekelanjutan, mekanisasi pertanian, rintisan industrialisasi pertanian berbasis Gapoktan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan oleh petani bukan gabah/padi melainkan beras dalam kemasan sehingga dapat meningkatka nilai tambah.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer