BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sub Denpom IV/3-2 Pati Operasi Gaktib Lalin Di Kodim 0716/Demak
Sub Denpom IV/3-2 Pati Operasi Gaktib Lalin Di Kodim 0716/Demak

Sub Denpom IV/3-2 Pati Operasi Gaktib Lalin Di Kodim 0716/Demak

Kodim 0716/Demak dan Sub Denpom IV/3-2 Pati melaksanakan Operasi Penegakan Disiplin dan Tata Tertib bagi seluruh anggota Kodim 0716/Demak baik militer maupun PNS yang dilaksanakan pada Rabu (17/2/16) bertempat di Lapangan Volly Makodim 0716/Demak. Pemeriksaan meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan antara lain STNK, SIM A/C Umum/Dinas, KTA, KTP dan Surat Izin Jalan yang diberikan oleh kesatuan.

Operasi Gaktib dipimpin Komandan Sub Denpom IV/3-2 Pati, Lettu CPM Wawan Aji Prasetyo bersama 8 (delapan) orang anggotanya. Tujuan operasi Gaktib ini dikatakan Lettu CPM Wawan Aji Prasetyo agar personel TNI dan PNS Kodim 0716/Demak dapat berdisiplin dengan melengkapi diri baik kelengkapan kendaraan dan administrasi atau surat menyurat kendaraan serta identitas perorangan. Selain itu, pengecekan kelengkapan dan kelayakan kendaraan bermotor mulai dari spion, mesin,minyak oli dan bagian kendaraan lainnya.

Operasi Gaktib ini dilaksanakan bertujuan untuk menghindari pelanggaran dan keamanan dalam berlalu lintas di jalan raya dan upaya menurunkan angka kecelakaan yang terjadi pada anggota TNI.

“Hal ini dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota TNI maupun PNS Kodim 0716/Demak serta untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu-lintas,” ujarnya.

Kegiatan dimulai pukul 08.00-09.30 WIB dengan mengecek kelengkapan kendaraan, baik kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi, serta dilakukan pengecekan kelengkapan surat menyurat kendaraan dan pengecekan kelengkapan identitas seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim 0716/Demak.

Keamanan serta Keahlian dalam berkendara (Safety Riding) pun juga turut di praktekan karena demi kelancaran bertugas setiap hari. Jadi, TNI khususnya anggota Kodim 0716/Demak terhindar dari sikap arogansi dan tidak ugal-ugalan di jalan raya. Angka Kecelakaan yang terjadi di lingkungan TNI setiap tahun mengalami kenaikan yang mengakibatkan kematian atau cacat permanen. Prosentase tertinggi adalah pelanggaran lalu lintas, karena seringnya mengabaikan peraturan dan tata tertib lalu lintas. Emosi juga pemicu terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu Sub Denpom IV/3-2 Pati menegaskan agar anggota TNI khususnya Anggota Kodim 0716/Demak agar selalu mematuhi Tata Tertib Lalu Lintas dan selalu konsentrasi dalam berkendara. Apabila ada pelanggaran yang terjadi maka ada sanksi dan tindakan yang akan diberikan oleh Sub Denpom IV/3-2 Pati misalnya sanksi administrasi. Penegakan Disiplin tersebut bukan hanya semata-mata menakuti-nakuti anggota TNI melainkan menumbuhkan dan mempertahankan sikap kedisiplinan masing-masing personel TNI.

Dari pelaksanaan Operasi Gaktib tersebut tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Prajurit TNI maupun PNS Kodim 0716/Demak, namun demikian dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa apabila ada anggota yang surat-menyurat kendaraan seperti contohnya SIM TNI maupun SIM pribadi yang sudah habis agar segera diperbaharui, khususnya untuk SIM TNI, Sub Denpom IV/3-2 Pati akan membantu kelancaran dan mempercepat dalam pembuatan SIM TNI tersebut.

Kegiatan Operasi Gaktip terhadap anggota di Kodim 0716/Demak dilaksanakan tiap 6 bulan untuk memantau kedisiplinan dalam Tata Tertib berlalu lintas. Hasil pelaksanaan Operasi Gaktib hari ini tidak terdapat terdapat pelanggaran. Kelengkapan surat-surat dan bagian dari kendaraan sudah memenuhi syarat dalam berlalu lintas. Oleh karena itu kegiatan ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer