BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Sukseskan Ketahanan Pangan Kodim 0712/Tegal Bersama Dinas Tanbunhut dan KPH Balapulang Tanam Jagung Bersama
Sukseskan Ketahanan Pangan Kodim 0712/Tegal Bersama Dinas Tanbunhut dan KPH Balapulang Tanam Jagung Bersama

Sukseskan Ketahanan Pangan Kodim 0712/Tegal Bersama Dinas Tanbunhut dan KPH Balapulang Tanam Jagung Bersama

Ratusan prajurit TNI dari berbagai satuan dan petani hutan atau pesanggem ramai-ramai menanam bibit tanaman jagung di areal Perhutani Balapulang, yakni petak 137a RPH Songgom, BKPH Margasari yang berada di Desa Marga Ayu, Kecamatan Margasari. Selasa (3/3).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tegal Enthus Susmono, Pabung Kodim 0712/Tegal Mayor Czi Fessel.SH, Kadistanbunhut Kabupaten Tegal Ir.Khofifah.MM, Danbrigif 4/DR, Danyon 407/PK, Danlanal Tegal, Dansatradar, Danzipur 4/TK, ADM Pekalongan  Barat, ADM Pemalang dan ADM Balapulang serta Muspika Kecamatan Margasari serta lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) dan anak sekolah.

“Salam hormat kepada Kodim 0712/Tegal, karena dengan serbuan teritorialnya kemarin telah berhasil membongkar pabrik pembuatan pupuk oplosan diwilayah Kramat, juga terima kasih yang banyak atas kerjasama TNI dan Pemda Kabupaten Tegal dalam rangka mendukung kegiatan pemerintah dalam ber-swasembada beras untuk meningkatkan ketahanan pangan agar tahun depan kita tidak lagi mengimpor beras dari luar negeri,”Jelas Bupati Tegal dalam mengawali sambutannya.

“Penanaman bersama yang melibatkan TNI, Pemkab Tegal dan Perhutani Balapulang itu merupakan upaya untuk mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh  Presiden Jokowi,’’Ungkap Bupati Enthus Susmono.

Bupati Tegal Enthus Susmono mengungkapkan, penanaman tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan sebagai implementasi MoU antara Pemkab Tegal dengan Kodim 0712/Tegal yang dilaksanakan belum lama ini.

Bupati menambahkan, sebagai implikasi program swasembada pangan, Jawa Tengah diharuskan meningkatkan produksi sebanyak 2 juta ton gabah kering dari angka produksi 2014 sebesar 9,6 juta ton melalui upaya khusus padi, jagung, dan kedelai.

’’Program tersebut harus didukung oleh berbagai elemen, termasuk dari sektor kehutanan, di wilayah Perhutani Balapulang terdapat ratusan hektare lahan untuk tanaman padi dan jagung,’’Ungkap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut), Ir.Khofifah.MM mengemukakan, penanaman bibit jagung tersebut dilakukan dengan sistem tumpang sari dengan tanaman pokok kehutanan jati dan tanaman tepi mahoni.

“Tanaman penghijauan sekitar 5 ribu benih tanaman pokok hutan berupa jati,mahoni dan kesambi akan ditanam di lahan seluas 400 hektare yang seharusnya untuk tahun 2016 dihabiskan sekarang juga, sedangkan  lahan yang tertanami baru sekitar lima hektare dengan 1 kuintal bibit jagung jenis BIMA SUPER,”Ungkap Ir.Khofifah.MM.

Administratur Perhutani KPH Balapulang menjelaskan, sebenarnya lahan tersebut merupakan areal untuk rencana tanam pada tahun 2016 mendatang. Namun, sebagai upaya untuk mendukung swasembada pangan, dia mempersilakan lahan tersebut untuk ditanami pada tahun ini,”Jelas Isnis Soiban.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer