BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN SEJAK USIA DINI OLEH BABINSA KORAMIL 06/KEBONARUM
TANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN SEJAK USIA DINI OLEH BABINSA KORAMIL 06/KEBONARUM

TANAMKAN WAWASAN KEBANGSAAN SEJAK USIA DINI OLEH BABINSA KORAMIL 06/KEBONARUM

KLATEN  – Serda Marwan  Babinsa Koramil 06/Kebonarum  melaksanakan kegiatan  menghadiri lomba penghafal dan pengucap Pancasila  yang diikuti  anak tingkat PAUD dan TK.Kegiatan tersebut diadakan di aula Balai Desa Jetis kecamatan Klaten Selatan pada hari selasa tanggal 14 agustus 2018 pukul 09.00 wib dalam rangka memperingati HUT RI ke 73.Anak-anak tingkat usia PAUD dan TK memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting di berikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalannanya dalam meraih cita cita di masa yang akan datang. Dengan alasan tersebut,ibu-ibu PKK desa Jetis mengadakan lomba penghafal dan pengucap pancasila untuk tanamkan wasbang sejak usia dini.

“Sesuai dengan levelnya, tentu pemberian materi  lomba wawasan tersebut harus di sesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan,”kata Serda Marwan Bintara Pembina Desa Jetis, anggota Koramil 06/Kebonarum saat menghadiri lomba penghafal dan pengucap pancasila di Balai Desa Jetis.

Serda Marwan mengatakan,lomba penghafal dan pengucap pancasila sebagai sarana sejak usia dini untuk menanamkan  wawasan kebangsaan kepada anak usia Paud dan TK.

Menurut Babinsa, dengan mengadakan lomba penghafal dan pengucapan Pancasila, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan. Nantinya anak usia PAUD dan TK dapat menjadi generasi yang berkompeten, dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Babinsa juga berpesan kepada anak-anak agar selalu rajin belajar, berperilaku sopan kepada orang tua dan guru serta sopan kepada orang lain.

“Saya minta kepada para anak-anak untuk mengurangi waktu bermain. Waktu harus digunakan sebaik mungkin untuk kegiatan kegiatan yang bermanfaat seperti mengaji, serta belajar,” ujarnya.

Sementara di tempat terpisah, Danramil 06/Kebonarum Kapten Infanteri Purwanto juga setuju dengan diadakan nya lomba penghafal dan pengucap Pancasila  dalam rangka memperingati HUT RI  ke 73 guna tanamkan wasbang sejak usia dini,sehingga wawasan kebangsaan yang di berikan mampu di pahami dengan baik,”terang Danramil.

Patriotisme harus ditumbuhkan sejak usia dini. Anak adalah investasi Bangsa. Guru hendaknya bisa menggali potensi dan menanamkan kebanggaan untuk selalu mencintai negrinya sendiri.

Pada usia dini anak dengan segala keunikannya adalah usia emas di mana anak sangat mudah menyerap informasi dan peka terhadap lingkungannya.

Oleh sebab itulah perlunya melakukan upaya upaya untuk menanamkan rasa cinta tanah air maka semangat patriotisme akan melekat dalam diri anak-anak usia dini.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer