BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TAUSIAH 1 MUHARRAM DI KODIM 0701/BANYUMAS
TAUSIAH 1 MUHARRAM DI KODIM 0701/BANYUMAS

TAUSIAH 1 MUHARRAM DI KODIM 0701/BANYUMAS

Banyumas – Peringatan 1 Muharram merupakan Tahun Baru Hijriah, mengandung peristiwa bersejarah umat Islam yang selalu diperingati setiap tahun sebagai hari besar permulaan tahun menurut perhitungan kalender Islam.

Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan hijrah dari Kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

Kodim 0701/Banyumas menggelar pengajian dalam rangka Bulan Muharram. Senin (17/09/2018)

Hadir dalam acara tersebut Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, S. Sos., M.M.S. beserta Ketua Persit KCK Cab XVI Kodim 0701/Banyumas.

Dalam ceramahnya, Ustad KH Mubarok dari Ponpes As-Safaah pasir Kidul Purwokerto menyampaikan bahwa dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 H adalah bahwa proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia di masa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan, sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekadar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.

Diakhir tausiahnya, Ustad KH Mubarok mengajak seluruh Prajurit TNI, PNS dan Persit Kodim 0701/Banyumas agar selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, dan tetap setia kepada NKRI hingga akhir hayat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer