BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Teknologi “SIPINTER” Kodam IV/Diponegoro Sukseskan Swasembada Pangan
Teknologi “SIPINTER”  Kodam IV/Diponegoro Sukseskan Swasembada Pangan

Teknologi “SIPINTER” Kodam IV/Diponegoro Sukseskan Swasembada Pangan

Sebagai upaya keseriusan dalam   mensukseskan program pemerintah guna  mencapai swasembada pangan tahun 2017 telah dicanangkan oleh Presiden RI, Kodam IV/Diponegoro bekerjasama dengan Smartfren Telecom Tbk meluncurkan progam SIPINTER dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Demikian disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono pada acara launching program dan Puskodal SIPINTER Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan di Serambi Kehormatan Makodam IV/Diponegoro (29/5).

Dijelaskan, bahwa dengan peluncuran program SIPINTER diharapkan  dapat memaksimalkan upaya khusus dan sekaligus meningkatkan pencapaian target swasembada pangan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya para Babinsa akan memanfaatkan program tersebut dalam pelaksanaan Binter.

“Seiring   kemajuan teknologi tersebut, diharapkan akan diimbangi dengan peningkatan kemampuan para Babinsa. Hal ini mengingat, Babinsa adalah ujung tombak pelaksana Pembinaan Teritorial (Binter) di lapangan dan memegang posisi strategis”, jelas Mayjen TNI Bayu Purwiyono.

Dengan Program SIPINTER diharapkan dapat mensinergikan peran Dinas Pertanian, PPL, dan Babinsa, di lapangan melalui koordinasi secara terpadu dan terintegritas.

Tak hanya itu, program SIPINTER dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kegiatan para Babinsa yang valid di lapangan, antara lain meliputi pelaporan tentang : pemetaan potensi wilayah, pemetaan wilayah tanam, pendataan kelompok tani, pendataan supplier bibit/pupuk, informasi supply/demand pupuk, informasi penyuluhan pertanian dan early warning serangan hama.

Di sisi lain, program tersebut juga sebagai sarana mengukur kinerja pencapaian target di lapangan.

Fungsi-fungsi  aplikasi SIPINTER dapat dengan mudah dipantau dan dikendalikan melalui Command Center/Puskodal yang berlokasi di Makodam IV/Diponegoro, Makorem dan Makodim.

Hadir pada acara tersebut Kapolda Jateng, Kasdam IV/Diponegoro, Presiden Direktur PT Nagabendu Teknologi Utama Andi K R Garna, Deputi CEO PT. Smartfren Tbk. Djoko Tata Ibrahim, para pejabat Kodam IV/Diponegoro dan instansi terkait.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer