BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Tim Kesehatan Lapangan TMMD Reguler Ke 100 Berikan Penyuluhan Kesehatan Kepada Siswa SMP
Tim Kesehatan Lapangan TMMD Reguler Ke 100 Berikan Penyuluhan Kesehatan Kepada Siswa SMP

Tim Kesehatan Lapangan TMMD Reguler Ke 100 Berikan Penyuluhan Kesehatan Kepada Siswa SMP

Surakarta, Sebanyak 30-an siswa SMP Islam Bhakti 1 Solo berserta guru pendamping berkunjung ke poskotis TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reg ke-100 Joyotakan, Serengan, Solo, Senin (23/10) pagi.
Murid dan guru ini berbondong-bondong datang dalam rangka belajar ilmu kesehatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan yang disampaikan oleh dokter Tentara.
Kegiatan sosialisasi alat kesehatan (alkes) dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang digelar di poskotis TMMD Reg ke-100 ini dalam rangka menyambut pelaksanaan TMMD Reg ke-100 sekaligus peringatan Hari TNI 5 Oktober dengan pemberi materi anggota Tim Kesehatan Lapangan Denkesyah 04/04/04 Surakarta.
Dantim Kesehatan Lapangan Denkesyah 04/04/04 Surakarta Lettu CKM Rudy Setiyawan mengaku antusiasme puluhan siswa SMP yang sukarela mau menjadi dokter kecil luar biasa. Bagaimana pun juga para siswa harus  mempelajari materi pertolongan pertama kecelakaan ini.
“Seperti saat menghadapi kejadian kecelakan bermotor dengan korban yang patah tulang, luka-luka berat ringan, dan pingsan. Saat di jalan atau sekolah menemukan kondisi ini, siswa harus tenang. Lalu mengidntifikasikan luka-luka korban. Kalau pingsan seperti apa, patah tulang harus bagaimana mengatasinya, siswa harus paham semuanya,” terang Lettu CKM Rudy yang didampingi anggota Keslap Serma Agus Ahmadi.
Ia juga mengharapkan pihak sekolah menyiapkan fasilitas P3K yang memadai. Siswa pun diajak menjadi bagian dari tim P3K.
Rizki Maulana (17), siswa kelas 9, mengaku sosialisasi ini penting. Meski baru sekali ini mendapatkan materi tentang P3K dan alkes. Ia mengaku berani menolong orang yang kecelakaan. “Insyaallah berani membantu korban kecelakaan,” katanya.
Guru SMP Islam Bhakti 1 Solo, Ali Muhrodhi mengungkapkan, sosialisasi alkes dan P3K ini amat bermanfaat bagi para siswa. Pihak sekolah menindkalnjuti sosialisasi ini dengan menyediakan fasilitas p3K secara sederhan. “Nanti siswa digerakan UKS (unit kesehatan sekolah),” katanya.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer