BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Tingkatkan Kemampuan Akademik Pelajar, Satgas Yonif 407/PK Berikan Bimbel
Tingkatkan Kemampuan Akademik Pelajar, Satgas Yonif 407/PK Berikan Bimbel

Tingkatkan Kemampuan Akademik Pelajar, Satgas Yonif 407/PK Berikan Bimbel

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelajar di Kalimantan, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK menggelar Bimbingan Belajar (Bimbel) di Desa Semareh, Kec. Ketungau Tengah, Kab. Sintang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. Sabtu (24/04/2021).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan bimbingan belajar bagi pelajar Kelas III dan IV SDN 21 Semareh dilaksanakan di Pos Semareh dan diberikan oleh Pratu Sarah dan Pratu Yusri.

“Bimbel atau privat ini diberikan setelah anak-anak pulang sekolah, bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan akademik para pelajar di Desa Semareh,” ujarnya.

Selain itu lanjut Dansatgas, bimbingan belajar ini diberikan dalam mengisi waktu luang para pelajar dengan hal yang bermanfaat, khususnya mengulangi lagi pelajaran yang mereka terima di sekolah.

“Diharapkan dengan adanya bimbingan ini, pemahaman para pelajar akan materi pelajaran yang mereka terima sebelumnya di sekolah bisa lebih ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Dansatgas menambahkan, bimbingan ini dilaksanakan Satgas sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak sekolah yang berada di sekitar pos.

“Mudah-mudahan bimbel yang diberikan ini makin memudahkan para pelajar untuk memahami pelajaran yang mereka terima. Kegiatan ini juga kita manfaatkan sebagai sarana untuk membentuk karakter dan motivasi mereka agar memiliki rasa tanggung jawab dan semangat dalam meraih cita-citanya,” imbuh Dansatgas.

Di tempat terpisah, Serka Joko Purwanto selaku Danpos Semareh mengatakan, anggotanya dengan senang hati memberikan pelajaran tambahan bagi para pelajar di perbatasan ini.

“Saat di sekolah, mereka sudah mendapat pelajaran (calistung) yakni membaca, menulis dan berhitung, namun masih banyak yang belum lancar, hal tersebutlah yang melatarbelakangi Satgas memberikan bimbingan belajar setelah pulang dari sekolah,” tegasnya.

“Sebagai anak bangsa, kita juga berkewajiban membantu mencerdaskan anak-anak ini, karena mereka adalah generasi penerus bangsa ke depannya,” tutur Joko.

Sementara itu, Andri (11), salah seorang anak Desa Semareh yang ikut bimbel, menyampaikan rasa senang dan gembiranya karena telah diberi bimbingan belajar dari bapak TNI.

“Saya ingin tambah pintar membaca. Jadi saya datang untuk ikut bimbingan belajar yang diberikan oleh bapak TNI. Sekali lagi terima kasih banyak ya pak, sudah mengajari kami,” pungkasnya bangga.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer