BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TINGKATKAN PENDAPATAN PERKAPITA, SATGAS DAN DISTAN BERIKAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PERTANIAN
TINGKATKAN PENDAPATAN PERKAPITA, SATGAS DAN DISTAN BERIKAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PERTANIAN

TINGKATKAN PENDAPATAN PERKAPITA, SATGAS DAN DISTAN BERIKAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PERTANIAN

Keerom. Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, salah satu yang mendasar adalah dengan meningkatkan produktifitas hasil pertanian itu sendiri. Satgas Yonif 410/Alugoro berkerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Keerom melaksanakan bimbingan dan penyuluhan pertanian bagi kelompok tani yang ada di sekitar PIR IV, Wonorejo, Distrik Manem, Kab Keerom berlokasi di areal perkebunan Pos Kotis PIR IV, Senin (19/9/2017).

Pada kegiatan bimbingan dan Penyuluhan, Danpos Kotis PIR IV Lettu Inf Sugiyanto mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan pendapatan para petani. Disampaikan selama ini produk unggulan para petani yang menjadi binaannya adalah padi, kacang dan jagung. Sedangkan tanaman cabe hanya difokuskan untuk mengahdapi lonjakan harga akibat kelangkaan bahan yang biasa terjadi pada musim penghujan yang tinggal beberapa bulan lagi.

Namun demikian para petani mengalami beberapa kendala diantaranya masalah tenaga, bibit, pupuk dan obat-obatan (pstisida).

“Para petani pada umumnya mempunyai garapan lahan luas, tetapi mau bayar tenaga tidak mampu. Selain itu bibit, pupuk dan obat-obatan (pestisida) juga sulit diapat sehingga sulit untuk meningkatkan produktifitas”, ungkap Lettu Inf Sugiyanto.

Mendapat laporan tersebut, Kabag Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Keerom Bp Kladius Hotmy Taimi mewakili Kepala Dinas, berjanji akan melaporkan semua keluhan-keluhan dari para petani kepada Kadis.

“Terima kasih Pak Danpos yang mewakili para kelompok tani. Apa yang menjadi keluhan dan kendala para petani akan saya sampaikan kepada Bp Kepala Dinas” kata Kladius.

Sementara itu Kepada Dinas Petnaian dan Perikanan Kab Keerom Bp Yudha Ansaka, S.P. saat dihubungi via telephone menyampaikan akan membantu para petani yang menjadi binaan Satgas.

“Kami akan memberikan bantuan peralatan pertanian, juga bantuan bibit, pupuk dan obat-obatan yang dibutuhkan para petani kita. Kami atas nama pemerintah sangat mengapresiasi pada Satgas atas kinerja bagi para petani kita. Kami ingin menjalin kerjsama dengan Satgas dalam memajukan pertanian kita” ungkap Yudha.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer