BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Tingkatkan Produksi Padi, Koramil – Petani Perbaiki Saluran Irigasi
Tingkatkan Produksi Padi, Koramil – Petani Perbaiki Saluran Irigasi

Tingkatkan Produksi Padi, Koramil – Petani Perbaiki Saluran Irigasi

Magelang – Mengantisipasi kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau, Koramil 17/Salam Kodim 07054/Magelang bersama BPPK dan petani betul-betul perhatian terhadap pengairan yang ada di wilayahnya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan salah satunya adalah perbaikan saluran irigasi. Seperti yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 September 2015, anggota Koramil 17 Salam Kodim 0705/Magelang bersama masyarakat memperbaiki saluran irigasi yang selama ini sudah tak terawat.

Karya bakti perbaikan saluran irigasi yang berada di areal persawahan Desa Tirto Kecamatan Salam tersebut selain untuk memperbaiki tanggul irigasi tersebut juga bertujuan untuk menghindari rembesan air di sepanjang saluran tersebut.
Kades Tirto, Aziz Murtado yang ikut langsung dalam karya bakti ini mengatakan bahwa sekarang ini kita harus peduli dalam kegiatan pertanian, untuk menunjang program pemerintah yaitu pencapaian swasembada pangan.

Mengingat pentingnya saluran irigasi tersebut, agar aliran air bias mencapai ke sawah dengan debit air yang cukup maka dengan sukarela para petani dan PPL dibantu anggota Koramil Salam bahu membahu memperbaiki saluran irigasi tersebut.
Selama ini saluran irigasi tersebut menjadi andalan utama bagi para petani untuk mendapatkan air, khususnya pada saat musim kemarau seperti ini.

Di tempat terpisah, Komandan Koramil 17 Salam Kapten Arm M Syakir mengajak kepada para petani untuk selalu menjaga dan memelihara saluran irigasi tersebut. Karena irigasi merupakan salah satu factor penting dalam suksesnya pertanian. Tanpa ada pengairan yang memadai, mustahil pertanian akan bias berhasil dengan baik.
“Ini adalah salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pertanian kita, apabila jaringan irigasi banyak yang rusak pasti akan berpengaruh buruk terhadap hasil panen” ujar M Syakir.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer