BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / TMMD Bangun Kebersamaan TNI dan Masyarakat
TMMD Bangun Kebersamaan TNI dan Masyarakat

TMMD Bangun Kebersamaan TNI dan Masyarakat

Selama kegiatan TMMD, jadikan masyarakat sekitar sebagai saudara dan keluarga, dengan turut tinggal di rumah-rumah peduduk. Jadikan masyarakat sebagai orang tua sendiri serta rumah mereka seperti rumah sendiri yang harus di rawat dan dijaga dengan baik. Bangun kebersamaan dengan ikut merasakan suka duka sebagaimana layaknya sebuah keluarga.

Dengan kebersamaan TNI dan masyarakat, maka para prajurit dapat menyelami dan memahami secara utuh kehidupan setiap penduduk di daerah penugasan. Suatu kondisi yang sangat penting bagi terjalinnya hubungan kekeluargaan yang sesungguhnya, sekaligus menjadi pilar utama kemanunggalan TNI-Rakyat.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-94 TA. 2015 wilayah Kodam IV/Diponegoro yang bertempat di Lapangan Dusun Pakisan Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung (7/5). Turut hadir pada acara tersebut para pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro, Wakapolda Jateng Brigjen Pol. Drs. Musyafak, S.H., MM., Bupati Temanggung Drs. HM. Bambang Sukarno, Wakil Bupati Irawan Prasetyadi, S.Si, Muspida Temanggung, para pejabat Kepolisian jajaran Kabupaten Temanggung dan pejabat pemerintah Kabupaten Temanggung.

Kasad lebih lanjut menjelaskan, bahwa Program TMMD berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di pedesaan, tertinggal, terisolasi, wilayah perbatasan, atau kawasan kumuh perkotaan serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera dicarikan solusi dan pemenuhannya.

Dengan langkah dan pendekatan seperti itu, maka TMMD tidak hanya dapat terus mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah TMMD, tetapi juga pada gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang merupakan landasan utama bgi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh.

TMMD yang dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di seluruh wilayah tanah air dilakukan terintegrasi, dengan melibatkan segenap komponen bangsa, baik unsur Pemerintah, maupun instansi non Pemerintah bersama masyarakat.

“Hal tersebut merupakan wujud nyata dari penerapan budaya gotong royong. Suatu budaya luhur bangsa yang telah terbukti menjadi benang merah keberhasilan bangsa Indonesia dari masa ke masa”, jelas Kasad.

Terkait dengan penerapan dan upaya pelestarian budaya gotong royong, pada TMMD ke-94 kali ini ditetapkan Tri Sukses TMMD yang meliputi : sukses penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat, serta sukses meningkatkan budaya gotong royong di seluruh tanah air.

Seperti tahun sebelumnya, pada pelaksanaan TMMD meliputi kegiatan terkait dengan sasaran fisik dan nonfisik. Kegiatan dengan sasaran fisik antara lain infrastruktur, serta sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah. Pembangunan fisik tersebut diharapkan dapat membuka isolasi antar desa di daerah-daerah terpencil, terbelakang maupun perbatasan dan atau membantu kegiatan pencapaian swasembada pangan yang pada gilirannya semakin meningkatkan roda perekonomian daerah tersebut.

Disisi lain, TMMD juga memiliki sasaran nonfisik yang kali ini TNI AD dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Kementerian Agama RI dan jajarannya di seluruh Indonesia, serta instansi terkait lainnya. Dalam program TMMD beserta para petugas yang telah disiapkan akan membantu Pemerintah melakukan pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, mencegah berkembangnya paham radikal seperti ISIS dan sejenisnya, sosialisasi kesehatan dan bahaya narkoba, serta memantapkan kerukunan hidup umat  beragama di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo diakhir amanatnya menyampaian harapannya melalui berbagai kegiatan yang telah direncanakan dapat tercapai hasil sesuai yang diharapkan serta sejalan dengan semangat yang terkandung dalam Tema TMMD ke-94 yaitu : “Dengan Semangat Kemanunggalan, TNI Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan”.

Pembukaan TMMD di wilayah Kodam IV/Diponegoro selain dilaksanakan di Kabupaten Temanggung, juga dilaksanakan di Kodim 0736/Batang, Kodim 0720/Rembang dan Kodim 0727/Kranganyar.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer