BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TMMD Sengkuyung, Ubah Sampah Jadi Barang Berharga
TMMD Sengkuyung, Ubah Sampah Jadi Barang Berharga

TMMD Sengkuyung, Ubah Sampah Jadi Barang Berharga

Cilacap – Sasaran non fisik TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0703/Cilacap, di Desa Bulupayung, Kodim menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap. Melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Crishna Setyowati, DLH memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan limbah sampah kepada Ibu-ibu PKK di Balai Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan Cilacap, Kamis (12/10).

Penyuluhan ini diberikan kepada warga masyarakat Desa Bulupayung, karena sebagian besar warga masyarakat setempat belum mendapatkan pengetahuan tentang pemanfaatan limbah sampah. Hal ini juga sebagai sarana DLH untuk menyampaikan Visi dari DLH Kab. Cilacap ini yakni, terwujudnya Desa yang bersih, sehat, makmur dan lingkungan lestari.

Menurut Crishna Setyowati, pemberian penyuluhan tentang pemanfaatan limbah sampah serta pelatihan pengolahan sampah ini dilakukan guna menghidupkan kembali PKK dan Dasa Wisma di lingkungan Desa Bulupayung, serta menyediakan wadah kreatifitas untuk warga desa tersebut.

“Dengan penyuluhan ini diharapkan warga Desa Bulupayung mampu mengolah limbah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga dampaknya akan menambah penghasilan keluarga.” terang Crishna Setyowati.

Lebih lanjut Crishna menjelaskan, bahwa sampah bukanlah hal yang tidak bermanfaat, bila kita mengerti pemanfaatannya. Sampah organik bisa kita olah menjadi pupuk sedangkan sampah non organik bisa kita olah kembali menjadi barang yang bisa dipakai.

“Jadikan Bank Sampah sebagai kegiatan yang menguntungkan,” imbuh Crishna.

Ibu-ibu PKK dari Desa Bulupayung sangat antusias mengikuti kegiatan ini terbukti dari beberapa penjelasan saja, mereka bisa menerima serta mempraktekan pemanfaatan limbah sampah untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis seperti, tatakan gelas dan bunga kertas.

Untuk lebih memotivasi warga, Crishna juga menampilkan beberapa contoh pemanfaatan limbah sampah yang bisa dijual kembali seperti tas tangan, tempat gelas, tutup gelas, dompet, sarung bantal dan lain sebagainya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer