BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI Andil Hijaukan Sikunir dan Telaga Cebong
TNI Andil Hijaukan Sikunir dan Telaga Cebong

TNI Andil Hijaukan Sikunir dan Telaga Cebong

Bertempat di lapangan obyek wisata Telaga Cebong dan Sikunir komplek, diadakan acara penanaman bibit 3.060 tanaman Mahoni dan Cemeti. Acara diadakan dalam rangka HUT PDAM Wonosobo yang ke 41 tahun 2017, Rabu(1/2). Pejabat yang hadir Wakil Bupati Ir.Agus Subagiyo, Ketua DPRD Nur Afif Hidayat, Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono, Kabagops Polres Wonosobo, Kajari Wonosobo, Direktur PDAM, Perwakilan Perpamsai Jateng Yunianto, muspika Kecamatan Kejajar, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama Desa Sembungan 300 orang.

Bertemakan “Ijo Royo Royo Gemah Ripah Loh Jinawi” PDAM Wonosobo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan penanaman sebanyak 3.060 bibit Mahoni dan Cemeti. Yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup sehingga sumber air akan jadi melimpah untuk kesejahteraan masyarakat Sembungan secara khusus dan warga Wonosobo secara umum. Dalam sambutan yang disampaikan oleh wabup pemberian apresiasi dan bangga kami selaku pribadi dan pemerintahan kepada PDAM yg telah melakukan sesuatu keseimbangan ekologi ,ekonomi serta ekosistem bagi masyarakat Wonosobo. Ekosistem di Dieng agar terus di pelihara karena Dieng merupakan roh bagi hilir dan kabupaten2 di sekitar Dieng. Harapan kami tidak hanya PDAM yang peduli tentang menjaga lingkungan hidup tetapi masyarakat harus juga perduli terhadap lingkungan agar nantinya anak cucu kita masih terus bisa menikmatinya.

Direktur PDAM Wonosobo Retnoningsih S.Sos, M.Si menjelang HUT PDAM yang ke 41 telah diadakan jalan santai dengan peserta 1.270 terdiri dari pegawai dan keluarga PDAM. Jaringan pipa yang sudah terpasang sepanjang 1.400 kilometer dari Kecamatan Kejajar sampai ke wilayah yang ada dibawahnya. Yang belum terpasang instalasi PDAM hanyalah Kecamatan Kalibawang.

Pemberian instalasi PDAM secara gratis kepada warga yang berhak menerima, juga sudah dilaksanakan dalam rangkaian acara yang terselenggara hari ini. Penanaman bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga ekosistem. Agar ketersediaan air untuk wilayah Wonosobo tercukupi.

Hal senada disampaikan juga oleh Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Dwi Hariyono, bahwa kegiatan terselenggara karena sinergitas antar instansi dan pengelola obyek wisata. Tidak kalah pentingnya peran Babinsa selaku ujung tombak TNI di wilayah pedesaan.

Yang selalu menyuarakan masalah kelestarian lingkungan hidup, serta mengantisipasi adanya bencana khususnya tanah longsor. Kita ketahui bersama bahwa lingkungan dataran tinggi Dieng merupakan daerah sentra sayuran kentang. Dalam komoditas ini para petani sering mengadakan penebangan liar bertujuan untuk meluaskan areal ladang mereka. Penggunaan pupuk kimiawi juga sangat memicu terjadinya tanah longsor. Karena keadaan tanah menjadi gembur serta jarangnya pepohonan sebagai pelindung air diwaktu hujan. Oleh sebab itu Babinsa selalu berkordinasi kepada pokdarwis(kelompok sadar wisata) untuk menanam pepohonan di komplek wisata. Kebersihan telaga Cebong juga tetap dijaga jangan sampai telaga dipenuhi oleh enceng gondok. Biar keasrian obyek wisata selalu terjaga dan para wisatawan selalu betah berada di Dieng, pungkas Dandim.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer