BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI Bersihkan Irigasi Bersama Masyarakat
TNI Bersihkan Irigasi Bersama Masyarakat

TNI Bersihkan Irigasi Bersama Masyarakat

Magelang.   Koramil 10 Candimulyo Kodim 0705 Magelang bersama masyarakat Desa Tegalsari beramai – ramai membersihkan dan mengeruk lumpur irigasi di Dusun Ngipik Desa Tegalsari Candimulyo.

Saluran lebih kuran 1700 meter itu merupakan sumber pokok pengairan para petani Dusun Bolong Desa Tegalsari.  Hampir  60 Ha areal pertanian bertumpu pada irigasi ini. Terutama bagi para petani penggarap yang selalu menggunakan air irigasi ini sebagai bagian penting dalam olah tanam.

Karya Bhakti yang melibatkan perangkat desa, linmas, relawan Tagar dan masyarakat ini merupakan inisiatif Koramil Candimulyo dan warga setempat. Dengan harapan debit air yang besar dan mampu mengairi sawah yang luas, warga meminta bantuan TNI untuk melakukan pengerukan selokan yang sudah bertahun – tahun mengalami pendangkalan.

Danramil 10 Candimulyo, Kapten Arm Wadi bersama Camat Candimulyo H Agung Nugroho memimpin langsung kegiatan pengerukan dan normalisasi irigasi tersebut. Dimulai pengerukan di ujung irigasi yaitu di Kali Anggas, upaya pengerukan irigasi ini dilakukan. Karena disinilah awal masuknya air dari Kali Anggas menuju irigasi.

Susilo, Kasi Pembangunan Desa Tegalsari menuturkan bahwa  pengerukan irigasi dikarenakan terjadi pendangkalan di dekat Bendungan Kali Anggas. Dengan adanya kerja massal ini warga merasa senang,  karena dengan kerja sama dengan TNI, Polri, Relawan Tagar  masyarakat dan petani merasa sangat terbantu. Karena saluran irigasi ini merupakan satu-satunya irigasi yang bisa mengairi areal persawahan Bolong.

“Kami selalu siap membantu warga masyarakat, apalagi ini apalagi ini adalah dalam rangka menunjang program pemerintah bidang pertanian” ujar Kapten Arm Wadi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer