BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI dan Masyarakat Bantul Sholat Istisqo
TNI dan Masyarakat Bantul Sholat Istisqo

TNI dan Masyarakat Bantul Sholat Istisqo

Ribuan masyarakat di Kabupaten Bantul  dari berbagai unsur seperti PNS, TNI, Polri, pelajar, santri dan elemen lain menggelar Sholat Istisqo di Lapangan Trirenggo, Jumat (30/10).  Sholat dipimpin Ketua Rois Syuriah PCNU Bantul, KH Abdul Kholik Syifa yang juga bertindak sebagai khotib.

Kendati sholat dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB, namun terlihat sejak pagi jemaah sudah berbondong-bondong  ke lapangan depan Rumah Dinas Bupati Bantul tersebut. Mereka datang membawa alas dan peralatan sholat sendiri-sendiri dan melaksanakan sholat  yang dilanjutkan dengan doa dengan khusyu’

“Dengan  sholat dan doa ini kami semua berharap kepada Allah SWT  agar bisa menurunkan hujan. Sebab bencana kekeringan panjang yang melanda negeri ini sudah  menyebabkan orang menderita kekurangan air bersih, menderita Ispa, bahkan sudah banyak korban yang meninggal dunia. Kami berharap dengan hujan, maka kekeringan dan juga kebakaran hutan yang melanda Sumatera, Sulawesi, Papua serta Kalimantan bisa teratasi dengan segera,”kata KH Kholik.

Bencana kekeringan dan kabut asap diakui Kyai Kholik tak lain karena ulah manusia sendiri yang serakah dan tidak peduli dengan  pelestarian lingkungan. Termasuk perambahan dan pembakaran hutan yang akibatnya semua rakyat menderita akibat ulah manusia lainnya.

“Untuk itulah  mari memohon ampunan kepada Allah dan semoga Allah mengabulkan permintaan kita untuk segera turun hujan. Tentu hujan yang tidak merusak, tidak membuat banjir dan tidak menenggelamkan rumah warga,”katanya. Namun hujan yang mampu memadamkan titik api yang jumlahnya masih ribuan serta memberikan sumber air bagi penghidupan warga yang  mengalami kesulitan air bersih karena kemarau panjang.

“Pemerintah kita sudah melakukan berbagai usaha keras untuk mengatasi pembakaran hutan dan juga kabut asap. Ada lebih 500 titik api dan belum semua berhasil dipadamkan. Untuk itu dengan turunnya hujan tentu akan membantu pemadaman dan meringankan tugas para petugas di sana,”katanya.

Selain itu hujan juga akan memberikan sumber air bagi warga Bantul dan warga lain yang menderita kekeringan. Sehingga kebutuhan hidup bisa tercukupi.

Sedangkan Sekda Bantul  Drs  Riyantono Msi yang ikut sholat mengatakan dengan sholat itu diharapkan hujan bisa turun sehingga kekeringan di Bantul bisa teratasi. Begitupun untuk bencana kabut asap di Sumatera, Sulawesi, Papua  dan Kalimantan bisa segera teratasi.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer