BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI dan Petani Bangun Tanggul Irigasi
TNI dan Petani Bangun Tanggul Irigasi

TNI dan Petani Bangun Tanggul Irigasi

Prajurit Kodim 0701/Bms yang bertugas di wilayah Koramil-13/Ajibarang bersama para petani warga Dusun Kalikesik Desa Ciberung Kecamatan Ajibarang bahu membahu membuat tanggul irigasi Sususkan II dengan beronjong batu di aliran sungai kawung, Senin (9/3). Upaya pembuatan tanggul darurat dilaksanakan sambil menunggu bantuan pembangunan irigasi permanen dari Pemerintah Kabupaten.

Ketua Kelompok Tani Mugi Lestari Desa Ciberung, Ruswoto menyebutkan bahwa pembangunan tanggul dengan beronjong dilaksanakan secara swadaya oleh warga.

“Hal ini kami lakukan karena kami ingin segera tanam padi, bila mengandalkan air melalui pompa air tentu akan memakan biaya yang lebih”, tandasnya.

Dikatakan bahwa bendung irigasi Sususkan II yang sebelumnya mengalirkan air ke delapan hektar sawah di Dusun Kalikesik ini jebol dan hanyut setelah diterjang arus sungai Kawung pada akhir Tahun 2014 lalu. Dan selama tiga bulan terakhir ini, para petani menyewa pompa air dan membuat pipa darurat untuk mengalirkan air. Namun upaya tersebut tidak maksimal untuk mencukupi kebutuhan air petani.

Oleh karena itu, lanjutnya. Kami memutuskan untuk membuat tanggul irigasi darurat sambil menunggu bantuan pemerintah, dengan membuat tanggul beronjong batu untuk mengalirkan air ke saluran irigasi yang rusak ini. Kami berharap, tanggul darurat ini agar dapat tahan lama dan bisa mengalirkan air kesini.

Sementara itu, Danramil 13/Ajibarang Kapten Inf Sardiman mengatakan bahwa personel jajarannya turut terjun membantu petani membuat tanggul irigasi darurat tersebut, perbaikan dan pembangunan saluran irigasi merupakan hal yang sangat penting yang dibutuhkan dalam bercocok tanam seperti tanam padi. Perbaikan dan pembangunan infrastruktur irigasi merupakan upaya perwujudan ketahanan pangan dan swasembada pangan nasional.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer