BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI dan Petani Perbaiki Irigasi
TNI dan Petani Perbaiki Irigasi

TNI dan Petani Perbaiki Irigasi

KELING – Untuk mendukung program Swasembada Pangan, para prtani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sido Makmur II Desa Tunahan, Keling, Jepara memperbaiki saluran air.

“Kami mendapat dana Bansos Rp. 100 Juta dari provinsi. Para petani juga ikut berswadaya, diantaranya dengan tenaga,” ujar Pelaksana Proyek Ali Ahmadi pada peletakan batu pertama oleh Danramil Keling Kapten Arh Rondhi, kemaren.

Dikatakan, saluran sepanjang 5000 meter (5km) lebih yang menghubungkan Dukuh Perning hingga Dukuh Gondoria, mengalami kerusakan/bocor di sejumlah tempat.

Aliran air kurang maksimal. Perbaikan saluran lebar 1,5 meter, tinggi 1 meter dibagi tiga ruas. Pertama, sepanjang 445 meter, lainnya 25 meter, dan 15 meter.

Ketua kelompok Tani Sido Makmur II H Samsuri menambahkan, jika saluran sudah diperbaiki, akan meningkatkan produksi tanaman, utamanya padi dan palawija di areal seluas 116 ha, milim 216 anggota.

Selama ini, hanya areal diatas dekat sumber air yang bisa panen dua kali, sedang di bawah satu kali. Setelah pembangunan rampung, diharapkan bisa meningkat.

Dukungan

Danramil Keling Kapten Arh Rondhi yang hadir bersama sejumlah anggota, termasuk Babinsa Tunahan Pelda Fedrik, mengatakan anggota TNI siap mendukung dan menyukseskan program ketahanan pangan.

“perbaikan saluran air untuk mendukung program ketahanan pangan, jadi harus mendapat dukungan semua fihak,” ujarnya.

Sesuai arahan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Adek Chandra Kurniawan, personel yang bertugas di Koramil harus siap menjadi unjung tombak dalam tugas territorial, termasuk diantaranya dalam membantu Warga petani.

Peletakan batu pertama pembangunan saluran air di hadiri Koordinator PPL Keling Suwijo, PPL Bambang S, juga petinggi Tunahan Kaswoto Biantoro beserta perangkat desa.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer