BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI Gotong Royong Bangun Saluran Irigasi yang Jebol
TNI Gotong Royong Bangun Saluran Irigasi yang Jebol

TNI Gotong Royong Bangun Saluran Irigasi yang Jebol

Wonogiri, selasa (17/01/17) anggota Koramil 05/Baturetno bersama masyarakat , telah mengawali pelaksanakan karya bakti perbaikan saluran irigasi Sekunder yang jebol pada bulan yang lalu.

Karya bakti dilaksanakan di Dusun Melikan Desa Setrorejo Kec. Baturetno Kab. Wonogiri dengan sasaran membuat tanggul irigasi Sekunder yang jebol dengan bronjong kawat, dengan volume panjang 20 meter x tinggi 3 m x tebal 2 meter. Kegiatan tersebut dikerjakan secara gotong-royong antara anggota TNI Koramil-05/Baturetno Kodim 0728/Wonogiri bersama warga masyarakat yang didampingi oleh P3A dari 3 Desa (Setrorejo, Kedungombo dan Sendangrejo).

Pelaksanaan karya bakti dipimpin langsung Danramil-05/Baturetno Kapten Inf Hendriya, bersama Kades Setrorejo Diduk Wahyudi dan ESDM Tono, bersama warga masyarakat di 3 Desa secara bergiliran, pembangunan bronjong kawat ini diprakarsai oleh Korem 074/Warastratama .

Bronjong kawat sebagai tanggul irigasi berisi batu untuk menahan laju aliran irigasi, upaya itu juga yang sudah dilakukan untuk perbaikan tanggul di di Dusun Melikan Desa Setrorejo Kec. Baturetno yang jebol pekan lalu. Kapten Inf Hendiya juga mengatakan bahwa kekuatan bronjong kawat berisi batu itu hampir sama dengan bangunan permanen dari cor semen.

Saluran Irigasi mengairi sawah seluas 100 hektar di areal 3 Kelompok Tani (Setrorejo, Kedungombo dan Sendangrejo) yang diketuai Warsito dan PPL Kecamatan Baturetno Joko Pranomodi.

Dengan selesainya pembangunan tanggul dengan bronjong kawat ini nantinya, tidak ada kendala lagi para petani dalam mengerjakan sawahnya, sehingga hasil tanamannya akan lebih baik setelah tercukupi kebutuhan air, karena air kebutuhan yang sangat pital dalam pertanian, tutur Danramil

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer