BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI Membuat Saluran Irigasi Bersama Masyarakat
TNI Membuat Saluran Irigasi Bersama Masyarakat

TNI Membuat Saluran Irigasi Bersama Masyarakat

WONOGIRI, Program Upsus Swasembada pangan terus digalakkan, disinilah keterlibatan TNI sebagai pendamping bersama PPL senantiasa dinantikan oleh para petani. Pencapaian swasembada pangan tidak hanya masalah varietas dan pupuk serta pengolahan lahan saja, tetapi juga masalah pengairan/irigasi perlu diutamakan.

Pada hari Rabu dan Kamis (7-8/9/16) di laksanakan karya bhakti dengan sasaran penggalian tanah dan pemasangan pipa pralon sepamjang 400 meter dengan ukuran Ǿ 6” yang berlokasi di Desa Gebang Kec. Nguntoronadi Kab. Wonogiri.

Pelaksanaan karya bakti tersebut melibatkan 8 anggota TNI Koramil-04/Nguntoronadi Kodim 0728/Wonogiri yang dipimpin Kapten Inf Kasmadi (Danramil), juga didalamnya Bintara Pembina Desa Gebang Serda Triman, bersama masyarakat sebanyak 40 orang yang dipimpin Kadiman (Kades) beserta 5 orang perangkat Desa juga ketua Gapoktan Surat.

Pengairan diambilkan dari Waduk Gajah Mungkur dengan menggunakan mesin pompa merk KUBOTA RD 140, melaui pipa pralon sepamjang 400 meter dengan ukuran Ǿ 6” ini dengan dana berasal dari APBD sebesar 80 jt. untuk mengairi sawah seluas 20 hektare.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Kasmadi Danramil) menyampaikan bahwa “Dengan dipasangnya pipa pralon sebagai saluran irigasi yang dio,pa dari genangan Waduk Gajah Mungkur ini, mudah-mudahan air menjadi lancar sehingga lahan sawah tidak lagi kekurangan air, karena air merupakan kebutuhan pokok bagi petani khususnya petani padi. Sehingga target tanam bisa tercapai dan sesuai apa yang diprogramkan pemerintah yaitu menuju swasembada pangan khususnya padi.”

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer