BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI-Polri dan Masyarakat Bersihkan Longsoran Tanah
TNI-Polri dan Masyarakat Bersihkan Longsoran Tanah

TNI-Polri dan Masyarakat Bersihkan Longsoran Tanah

Salem, Kamis (12/03/2015) Hujan deras disertai tanah longsor susulan yang terjadi di wilayah Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes sejak Rabu (11/3) petang hingga Kamis (12/3) dinihari menyebabkan tanah longsor yang menutupi jalan Provinsi yang menghubungkan Kecamatan Salem dengan Kecamatan Bantakawung tidak bisa dilalui kendaraan bermotor, apabila terguyur hujan terus-menerus dikawatirkan akan terjadi longsor susulan dan sebanyak 700 kepala keluarga di Desa Citimbang Kecamatan Salem terancam terisolir karena akses jalan menuju ke Kecamatan Salem tertutup. Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes, BPBD Kab. Brebes dibantu masyarakat segera melakukan pembersihkan longsoran tanah yang menutupi jalan agar kendaraan dapat melintas. Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, WS Dandim 0713/Brebes Mayor Inf Rudy Firmansyah, SE. MM dan Kapolres AKBP Ferdy Sambo, SIK. SH. MH juga tampak hadir meninjau lokasi bencana tanah longsor yang terjadi di enam titik di wilayah Kecamatan Salem tersebut.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE saat dilokasi tanah longsor menyampaikan, “ Longsor juga menyebabkan tanah bergerak di Desa Gununglarang, sebanyak 31 kepala keluarga warga di Desa Gununglarang meminta agar segera direlokasi. Dua tahun lalu sudah ada 40 kepala keluarga yang sudah direlokasi namun 31 kepala keluarga lainnya tidak mau pindah. Sekarang semua warga di desa tersebut menghendaki untuk segera direlokasi. Secepatnya saya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk rencana relokasi warga ketempat yang aman. Pemerintah daerah akan bekerjasama dengan TNI dan Polri dalam menanggulangi bencana tanah longsor ini ”.

Sementara itu dilokasi yang sama WS Dandim 0713/Brebes Mayor Inf Rudy Firmansyah, SE. MM mengatakan “ Kodim 0713/Brebes bersama Polres Brebes dan BPBD serta masyarakat desa saat ini masih bergotong royong membersihkan bekas longsor yang menutup akses jalan di desa tersebut sampai kondisi jalan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, longsor yang terjadi juga menyebabkan banyak pohon tumbang dan aliran listrik padam akibat banyaknya tiang listrik yang roboh. Kodim 0713/Brebes menerjunkan ratusan personel yang terdiri dari perbantuan Koramil-Koramil jajaran Kodim 0713/brebes untuk membantu membersihkan longsoran yang menutup jalan agar akses jalan bagi masyarakat dapat terbuka kembali ”.

Anggota Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes dan SKPD terkait serta warga masyarakat akan bergotong royong dan bahu membahu untuk membersihkan lokasi longsor sehingga lokasi bencana bisa cepat pulih kembali dan dapat digunakan warga masyarakat seperti sediakala.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer