BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / TNI Siap Jaga Netralitas Dan Amankan Pilpres 2014
TNI Siap Jaga Netralitas Dan Amankan Pilpres 2014

TNI Siap Jaga Netralitas Dan Amankan Pilpres 2014

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman menegaskan, TNI harus menjaga netralitas karena hal tersebut merupakan kehendak seluruh rakyat Indonesia. TNI harus selalu siaga sampai dengan waktu memperoleh keputusan hasil dari KPU, menjadi kondisi tetap aman setelah keputusan tersebut.

Hal tersebut disampaikan KASAD didampingi oleh Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro melalui teleconference dengan Pangdam IV/Diponegoro tentang kesiapsiagaan pengamanan Pilpres 2014 di ruang Puskodalop, Makodam IV/Diponegoro (Minggu, 6/7).

Pada teleconference yang diikuti Pangdam seluruh Indonesia ini, Jenderal TNI Budiman menjelaskan  seluruh jajaran TNI AD siap mengamankan penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) 2014, tanggal 9 Juli dengan menyiapkan personel yang diperbantukan ke kepolisian. Secara umum terkait pemilihan presiden 9 Juli mendatang di Papua masih ada 4 titik yang perlu diperhatikan di pulau-pulau terkecil dan pedalaman Kalimantan yakni masalah logistik termasuk di Jabar, Jatim, Aceh dan Sumatera. Sedangkan dari tanda warna merah di peta daerah hot spot rawan konflik berdasarkan korelasi spasial ketegangan perolehan suara bisa dilihat di daerah Sumatera dan pulau Jawa.

Pada kesempatan ini, para Pangdam melaporkan kepada KASAD tentang kesiapan pengamanan pemilihan presiden di wilayahnya masing-masing. Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Sunindyo melaporkan secara keseluruhan jajaran Kodam IV/Diponegoro telah siap melaksanakan siaga 1.

Kekuatan keseluruhan personel Kodam IV/Diponegoro untuk mengamankan pilpres di Jawa Tengah yaitu sebanyak 19.528 orang, ditambah Pasukan non organik 2.300 orang sehingga jumlah total keseluruhan personil TNI adalah 21.838 orang.

Mayor Jenderal TNI Sunindyo berharap situasi di Jawa Tengah dan DIY saat pilpres nanti berjalan aman, lancar, dan adem ayem serta kondusif.

KASAD dalam pengarahannya kepada Pangdam IV/Diponegoro menjelaskan, sesuai instruksi Presiden untuk menindak tegas kepada siapapun yang bertindak anarkis sehingga mengakibatkan gangguan keamanan tanpa tebang pilih. Sehingga tercipta kondisi kondusif dan aman serta lancar saat pilpres. Bahkan, semua kesatuan TNI AD siap untuk bergerak seperti Kopassus dan Kostrad, apabila sewaktu waktu dibutuhkan untuk dikerahkan.

Hadir dalam teleconference dengan KASAD di Makodam IV/Diponegoro diantaranya  Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ibnu Darmawan, Gubernur Akmil Mayjen TNI Sumardi, Ketua KPU Jateng Joko Purnomo dan Bawaslu Jateng.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer