BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Ujicoba Mesin Panen Dalam Rangka Modernisasi Alsintan Untuk Meningkatkan Hasil Tani
Ujicoba Mesin Panen Dalam Rangka Modernisasi Alsintan Untuk Meningkatkan Hasil Tani

Ujicoba Mesin Panen Dalam Rangka Modernisasi Alsintan Untuk Meningkatkan Hasil Tani

MAGELANG – Dinas Pertanian bersama Muspika Kecamatan Mertoyudan, Koramil 11 Mertoyudan dan anggota gapoktan Tani Maju Makmur melaksanakan demontrasi sekaligus pengenalan alat pemanen jenis Combine harvester, Rabu (01/02).

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan yang sampai saat ini dilatarbelakangi sulitnya mencari tenaga untuk panen, kususnya menjelang hari raya, selama hari raya dan setelah hari raya yang tentunya keterlambatan masa panen bisa sangat merugikan petani karena dapat merusak padi yang siap panen.

Menyikapi permasalahan tersebut dinas pertanian Kabupaten Magelang memberikan bantuan alat pemanen padi modern jenis Combine harvester di Desa tersebut. Di Desa Pasuruan sendiri terdapat 11 kelompok tani sehingga alat pemanen padi tersebut akan sangat membantu di saat musim panen tiba yang biasanya merasa sangat kewalahan saat melaksanaan panen padi karena kurangnya tenaga.

Sungguh berterimakasih gapoktan yang ada di Desa tersebut, karena dengan alat tersebut panen akan dapat dilaksanakan dengan cepat dan efektif. Pada kesempatan itu pula Komandan Koramil 11/Mertoyudan Kapten Arm Mashudi Pitoyo yang mewakili Komandan Kodim 0705/ Magelang menyampaikan agar alat tersebut dimaksimalkan pengoperasiannya serta dalam pemeliharaannya sehingga mesin itu bisa awet dan berdaya guna maksimal.

Sementara itu Pasiter Kodim 0705/Magelang Lettu Arm Nursigit menyampaikan kepada petani melalui poktan maupun gapoktan dengan adanya mou antara TNI dengan Mentan di bidang pertanian, di Kodim 0705/Magelang telah di bentuk Brigade Alsintan (alat mesin tani) yang pemanfaatannya tentunya untuk mendukung keberhasilan program swasembada pangan Nasional.

“Siapa saja boleh pinjam dan prosedurnya sangat mudah, silahkan di manfaatkan alat mesin tani yang ada di Kodim” tutur Nursigit.

Dengan adanya kerja sama dan sinergitas yang tinggi semua dinas terkait harapannya petani kususnya Kecamatan Mertoyudan akan lebih maju, sejahtera hal ini bisa terlihat dengan adanya peningkatan hasil tani yang semakin bagus.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer