BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2015 Kab. Brebes
Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2015 Kab. Brebes

Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2015 Kab. Brebes

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 dilaksanakan di Alun-alun Kab. Brebes. Sebagai Inspektur upacara Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE dan sebagai Komandan upacara dijabat oleh Danramil 07/Bulakamba Kapten Inf Turiman dan diikuti oleh pasukan upacara yang terdiri Kodim 0713/Brebes, Polres Brebes, Satpol PP Kab. Brebes, Linmas Kab. Brebes, Senkom Kab. Brebes, Korpri Kab. Brebes, PGRI Kab, Brebes, Pemuda Pancasila, KNPI Brebes, pelajar SMA dan Pramuka. Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkompinda Kab. Brebes diantaranya Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Efdal Nazra, S.IP, Kapolres Brebes AKBP Haryo Sugihato, SIK. SH. MH, Kepala PN Brebes Yosrizal, SH. MH, Wakil Bupati Brebes Narjo, SH, Wakapolres Brebes Kompol Wahyu, Anggota DPRD Brebes dan Pejabat Eselon II dan III Pemda Brebes.

Dalam amanat Gubernur Jateng yang dibacakan oleh Bupati Brebes menyampaikan bahwa sebagai warga negara Indonesia harus menjunjung tinggi komitmen dan senantiasa konsisten melaksanakan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Pahlawan adalah mereka yang rela berkorban untuk negara dan bangsanya, kedaulatan politik negara harus kita jaga sebagai bangsa yang merdeka, tidak boleh satu negara pun mengintervensi. Kita sebagai warga dunia harus saling menghormati kedaulatan politik masing masing. Setahap demi setahap, mulai dari desa sampai kota mulai dari rakyat jelata sampai penguasa, kita sama-sama melakukan gerakan reformasi mental dan tingkah laku kita, menjadi pribadi yang patut menjadi teladan yang baik bagi anak cucu pewaris dan penerus cita-cita kemerdekaan indonesia. Hal ini disampaikan karena hal terberat yang perlu di lakukan saat ini bukanlah berjuang, tetapi mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yang bermanfaat untuk Indonesia, sebab pasca kemerdekaan yang menjadi musuh bukan lagi bangsa asing atau penjajah namun sesama atau bangsa. Kebhinnekaan di pelosok nusantara harus dijadikan sebagai kekayaan budaya dan khasanah Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan diawali dengan pertunjukan drama kolosal dengan judul Jenderal Sudirman yang diperagakan oleh anggota kodim 0713/Brebes dan gabungan pelajar SLTA sekitar 150 personel.Adapun maksud dan tujuan pementasan drama kolosal tersebut menceritakan tentang perjuangan Tentara Nasional Indonesia yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman melawan pasukan Belanda.Selanjutnya penyerahan sertifikat secara simbolis terhadap 70 perwakilan dari berbagai sektor pertanian, nelayan, perekonomian, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Puncak acara adalah upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-70.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer