BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Gabungan Kodim Polres dan Pemda
Upacara Gabungan Kodim Polres dan Pemda

Upacara Gabungan Kodim Polres dan Pemda

Dalam rangka mensolitkan para pejabat dilingkungan kabupaten Wonosobo, dilaksanakan upacara gabungan yang terdiri TNI, Polri dan Pemda bertempat di Alun alun. Kegiatan upacara gabungan direncanakan akan dilaksanakan setiap tanggal 17, dengan petugas penyelenggara digilir oleh tiga instansi yaitu Kodim, Polres dan Pemda. (18/1)

Manfaat dari upacara gabungan ini sangatlah banyak yang dapat dirasakan, seperti sebagai ajang silaturahmi semua pegawai dari unsure pimpinan sampai dengan unsure pelaksana sehingga mereka akan semakin akrab. Dengan mereka semakin akrab koordinasi dapat berjalan dengan baik, permasalahan yang timbul akan segera dapat diketahui dan langsung dapat diselesaikan dengan cepat.

Upacara dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Wonosobo, Satriyo Hidayat, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Satriyo mengajak kepada aparatur sipil negara maupun anggota POLRES dan KODIM untuk meningkatkan kinerja, kedisiplinan dan menjalin koordinasi lintas sektor.

Koordinasi yang baik ini sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas serta tanggungjawab, sehingga ke depan akan berimplikasi positif pada upaya penanggulangan berbagai macam masalah yang dihadapi, khususnya dalam upaya percepatan penanganan masalah sosial seperti penanggulangan kemiskinan dan optimalisasi pemeliharaan kondisi kamtibmas di Kabupaten Wonosobo, termasuk dalam mengantisipasi bahaya terorisme dan ancaman disintegrasi bangsa melalui ajaran-ajaran yang menyesatkan.

Satriyo menegaskan, hal-hal tersebut harus dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menyusun perencanaan yang komprehensif, sehingga program kerja tahun 2016 akan terlaksana lebih baik lagi serta terarah, optimal, efektif dan efisien.

Satriyo juga mengingatkan, perlunya komitmen dari seluruh elemen masyarakat Wonosobo untuk menjaga kemajemukan dan perbedaan, serta mendorong terpeliharanya kehidupan antar-umat beragama secara harmonis, yang harus dipahami tidak hanya sebatas tekstual konstitusi, akan tetapi harus dipahami dan ditaati dengan menumbuhkan nilai-nilai toleransi, keberagaman, serta saling menghormati satu dengan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu Bupati mengingatkan kembali, bahwa di bulan Januari ini curah hujan menunjukkan intensitas yang tinggi dan perubahan cuaca yang cukup ekstrim, sehingga masyarakat diminta untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, khususnya yang berdomisili di daerah rawan bencana, karena bencana sulit untuk diprediksi dan bisa terjadi di mana saja, kapan saja dan dapat menimpa siapa saja, apalagi mengingat Kabupaten Wonosobo merupakan kawasan dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit sangat rawan terhadap musibah tanah longsor, serta rawan terhadap bencana tanah bergerak, angin puting beliung, gunung meletus, gas beracun maupun bencana alam lainnya.
Terkait digelarnya upacara gabungan yang baru pertama kali diadakan ini, menurut Satriyo untuk lebih mempertegas kemitraan dan kerjasama antara Sipil dengan TNI dan POLRI yang dibangun melalui komunikasi dan koordinasi yang baik. Rencananya tiap tanggal 17 upacara sejenis akan rutin digelar.

Dalam upacara yang juga dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tersebut, dibacakan Sapta Marga TNI, Tri Brata POLRI dan Panca Prasetya Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia, untuk mengingatkan kembali semangat pengabdian dan pelayanan pada publik oleh aparatur sipil, anggota TNI dan POLRI, termasuk untuk tetap menjaga kedisiplinan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tegak utuhnya NKRI.

 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer