BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila
Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Tegal, Senin (1/6/2015) Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S,Sos di wakili Danramil 20/Bojong Kapten Inf Adi Hartono menghadiri acara dalam rangka peringatan hari lahirnya Pancasila bertempat di lapangan Padepokan Wulan Tumanggal Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Dalam sambutannya Dandim 0712/Tegal yang di sampaikan Danramil 20/Bojong mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada segenap anggota Perguruan Tri Jaya beserta Jajarannya yang selama ini terus menjalin komunikasi, koordinasi dan silalaturakhim dengan TNI, sehingga hubungan emosional dan keteguhan pada komitmen kebersamaan demi kepentingan bersama.

Hari ini kita memperingati hari kesaktian Pancasila. Hari dimana pada tanggal 1 Juni 1945 para pejuang bangsa mendeklarasikan Pancasila sebagai dasar negara. Dalam pelajaran sejarah bangsa, dituliskan bagaimana proses kelahiran pancasila itu diceritakan. Para founding father telah berpikir jauh ke depan untuk kemajuan bangsa yang multi etnis, suku, antar golongan, dan agama. Oleh karena itu pancasila lahir sebagai simbol pemersatu bangsa dengan 5 silanya yang selalu dibacakan di saat upacara bendera di Satuan TNI, Kantor-Kantor Pemerintah dan Sekolah-Sekolah

Memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Hari Santoso S,Sos, menginstruksikan seluruh jajarannya agar mengemban kelima sila dalam Pancasila.Menurutnya, implementasi dari lima sila tersebut di tengah kehidupan masyarakat dinilai penting, karena dapat mengikat hubungan emosional antar sesama.

Ada sikap untuk menjunjung tinggi martabat dan hak-hak asasinya atau bertindak adil dan beradab terhadap sesama. Itu salah satu kutipan makna dari sila kedua. Makanya kita nilai penting untuk diterapkan di tengah kehidupan bermasyarakat.

Dandim 0712/Tegal, juga telah menginstruksikan seluruh Babinsa di setiap kecamatan untuk terus memberi sosialisasi dan bimbingan khusus soal nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan.

“Karena nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan semua masyarakat Indonesia harus mengimplementasikannya. Karena kita sudah sepakat, NKRI HARGA MATI,” Kata Letkol Inf Hari Santoso S,Sos.

Kegiatan tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Bojong, Kepala Desa se Kecamatan Bojong, Toko Agama, Tokoh Masyarakat dan sekitar lima belas ribu masyarakat yang hadir.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer