BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 Klaten
Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 Klaten

Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 Klaten

Wakil Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani pimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA. 2016 di Lapangan Randulanang Jatinom yang diikuti oleh Muspida, Instansi terkait, Muspika Jatinom, Para Camat, Para Kapolsek, Para Kades Se-Kecamatan Jatinom, Toga/Tomas/ dan masyarakat Desa Randulang. Sebelum acara di mulai tamu undangan dan peserta upacara melihat penampilan Tari Gambyong dari SMK Jatinom sebanyak 12 orang puteri. Peserta upacara sangat menikmati pertunjukan tersebut sampai akhir. Setelah usai penampilan tari gamyong dilanjutkan rangkaian Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016.

Pasiopsdim 0723/Klaten (Lettu Arm Hadi Santoso) memberikan laporan kepada Irup bahwa upacara siap dimulai dan Irup langsung menuju mimbar upacara. Setelah memperoleh penghormatan umum, irup memeriksa pasukan upacara diikuti oleh Kemandan Upacara (Kapten Inf Masidi). Dalam kesempatan itu juga ada kegiatan simbolis penyerahan alat oleh Irup dan laporan Perwira Koordinator TMMD Sengkuyung Tahp II TA. 2016 yaitu Pasiterdim 0723/Klaten (Kapten Inf Ronggo Basuki)

Dalam amanatnya Irup membacakan Sambutan Gubernur Jawa Tengah pada upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016. Ucapan syukur selalu kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan Ridhonya kita dapat bersama-sama mengikuti Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 di Lapangan Randulang. TMMD bukan wiwitan tetapi sudah berulang kali diadakan oleh TNI namun pengabdian itu tidak hilang di telan zaman terus bergerak kedepan demi pengabdian kepada bangsa dan Negara. Semangat gotong royong harus selalu dipupuk. TMMD selalu mendapat tanggapan positif oleh rakyat dan kegiatan nyata untuk membantu kesejahteraan rakyat di desa. Dengan TMMD percepatan daerah dapat mendukung dengan lancar jalan-jalan menjadi baik halus dan baik. Pada prinsipnya TMMD bagian untuk menanggulangi kemiskinan keterbelakangan khusunya di pedesaan dan kawasan perbatasan. Cara merawat dengan potensi yang ada untuk kepentingan masyarakat. Kota Klaten angka kemiskinan cukup tinggi yang menjadi tanggung jawab kita untuk membantu dengan instansi terkait. Pemerintah memberikan bantuan kepada warga yang belum sejahtera dengan kartu sejahtera. Dengan TMMD kita tingkatkan pembangunan kwalitas sarana dan prasana kita gunakan dalam kesejahteraan rakyat. Penyediaan air bersih, jamban keluarga harus dikedepankan. Demi rakyat tidak ada kata lelah perpeluh dan mengeluh mari bergerak danjangan diam saja, mari bertidak.

Selesai Upacara Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis bibit tanaman kepada masyarakat Desa Randulang, dilanjutkan dengan simbolis oleh Wakil Bupati, Dandim dan Kapolres melaksanakan pengecoran jalan titik 3 yang sedang di kerjakan, setelah rombongan meninggal lokasi pengecoran ke Balai Desa Randulang untuk melaksanakan ramah tamah.

Operasi TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 merupakan pemberdayaan wilayah atau Teritorial ( Binter ) dilaksanakan oleh TNI AD pada dasarnya untuk mewujudkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang serta Kemanunggalan TNI – Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu melibatkan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kesiapsiagaan Satuan dalam tugas pokoknya. Pemberdayaan wilayah oleh TNI dikemas dalam kegiatan yang disebut Operasi Bakti sebagai bagian dari Program Bakti TNI. Program kegiatan Bakti TNI diselenggarakan oleh TNI AD melalui kegiatan Operasi Bakti juga dilaksanakan dalam wujud Karya Bakti.

Kondisi Wilayah Randu Lanang berta berbatasan dengan sebelah Utara Ds. Bengking, sebelah Selatan dengan Ds. Beteng, sebelah Barat Ds. Mranggen dan sebelah Timur Ds. Blimbing. Jumlah penduduk 3.764 jiwa terdiri Laki – laki 1.813 jiwa dan Perempuan 1.951 jiwa, penduduk miskin sebanyak 425 jiwa Kehidupan masyarakat Ds. Randu Lanang mayoritas sebagai petani, berkebun dan buruh harian lepas.

Sasaran kegiatan di Desa Randu Lanang Kecamatan Jatinom sangat diperlukan sekali oleh masyarakat, pembangunan Betonisasi jalan Desa diperlukan karena dapat memperlancar sarana transportasi perekonomian dan anak sekolah antar Kecamatan dan bermanfaat untuk menambah penghasilan masyarakat membuka akses jalan alternatif dan jalan penghubung sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Target yang diharapkan dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2016 berupa kegiatan fisik maupun non fisik. Peningkatan sarana prasarana di wilayah, fasilitas Sosial dan fasilitas umum lainnya. Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan lingkungan. Memasyarakatkan teknologi tepat guna di daerah sasaran TMMD untuk menciptakan kesempatan kerja dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat yang mandiri di wilayah. Menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong royong dan berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri. Peningkatan pengetahuan dan pola pikir dengan adanya penyuluhan dan pemberian materi Kebangsaan. Menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berbudaya disiplin dan tertib hukum dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan. Dengan adanya peningkatan sarana prasarana produksi pertanian berupa pembangunan Betonisasi jalan untuk meningkatkan transportasi bagi masyarakat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer