BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II Kodim 0713/Brebes Tahun 2016
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II Kodim 0713/Brebes Tahun 2016

Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II Kodim 0713/Brebes Tahun 2016

Banjarharjo, Pada Rabu tanggal 19 Oktober 2016 Pukul 09.30 WIB s.d. selesai Dandim 0713/Brebes Letkol Inf. Efdal Nazra, S.I.P menjadi Inspektur Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II Tahun 2016 dilapangan Desa Sukareja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes yang bertemakan “ Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Komponen Bangsa, Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat ” Dalam amanatnya Beliau membacakan amanat Kasad tentang Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-97 TA. 2016.

Sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Agus Sulistyo Danramil 13/Salem dan sebagai Perwira Upacara dijabat oleh Kapten Inf Sakwad. Untuk Pasukan Upacara terbagi dalam 3 Kompi yang terdiri dari 1 SSK Kodim 0713/Brebes, SSK Gabungan (1 Peleton Polres Brebes, 1 Peleton FKPPI dan 1 Peleton Linmas/Karang Taruna), dan terakhir juga SSK Gabungan (Ormas, Masyarakat, 1 Peleton Pramuka SMK, 1 Peleton Osis SMK dan 2 Peleton Osis MTSN). Acara ini dihadiri oleh Bupati Brebes yang diwakili Wakil Bupati Brebes, Kapolres Brebes yang diwakili Wakapolres Brebes, para unsur Forkopimda Kab. Brebes, Para Danramil jajaran Kodim 0713/Brebes, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dandim 0713/Brebes melaksanakan pengecekan pasukan upacara didampingi Komandan Upacara.

Sebagai tanda berakhirnya TMMD Sengkuyung II Tahun 2016 ini dilaksanakan penyerahan alat/peralatan kerja dari perwakilan TMMD kepada Dandim 0713/Brebes selaku Irup berupa Cangkul dan Sekop, kemudian pembacaan laporan hasil pelaksanaan TMMD oleh Kapten Inf Sutarno Pasiter Kodim 0713/Brebes kemudian diakhiri dengan penandatanganan Naskah Berita Acara TMMD dan penandatanganan Naskah Penyerahan Hasil Pelaksanaan TMMD dari Dandim 0713/Brebes kepada Bupati Brebes yang diwakili Wakil Bupati Brebes sebagai tanda berakhirnya pelaksanaan TMMD tersebut dengan disaksikan para unsur Forkopimda. Sedangkan untuk penandatangan Plakat TMMD nantinya akan dilakukan sendiri oleh Bupati Brebes yang kemudian akan diserahkan kepada Forkopimda Kecamatan Banjarharjo dan masyarakat Banjarharjo umumnya.

Sedangkan untuk Laporan Pencapaian Hasil TMMD yang dibacakan Pasiter Kodim 0713/Bbs tersebut adalah Sasaran Fisik dan Non Fisik. Untuk Sasaran Fisik terdiri dari pengerjaan pengaspalan jalan Lapen Sheet Ruas I dengan panjang 850 meter dengan lebar 2,8 meter dengan pencapaian hasil 100%, kedua adalah pengaspalan jalan Lapen Sheet Ruas II dengan panjang 1.023 meter dengan lebar 2,8 meter dengan pencapaian hasil 100%, ketiga adalah pekerjaan Plat Decker dengan panjang 4 meter dengan lebar 1,2 meter dengan pencapaian hasil 100%, keempat adalah pekerjaan pembuatan Pos Kamling 1 Unit dengan panjang bangunan 3 meter untuk lebar 2 meter dengan pencapaian hasil 100% dan sasaran fisik terakhir adalah pekerjaan Plesterisasi Rumah warga sebanyak 3 Unit dengan pencapaian hasil 100%. Kemudian sasaran Non Fisik TMMD berupa Pelayanan KB, Pelayanan Perpustakaan Keliling, Pelayanan Akte Kelahiran, Pelayanan SIM Keliling, Pengobatan dan Vaksinasi Ternak Gratis, Penyuluhan Permasalahan Sosial, Sosialisasi Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja, Sosialisasi dan Penyuluhan Penanggulangan dan Penanganan Bencana Alam, Sosialisasi Pelayanan Nikah sesuai PP No. 48 Tahun 2015, Penyuluhan Hukum Terpadu, Penyuluhan Bidang Ketahanan Pangan, Penyluhan KB melalui pemutaran film, Sosialisasi Penyakit IMS dan HIV AIDS, Pendidikan Politik bagi masyarakat, Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Penuluhan Perkoperasian, Sosialisasi Cukai melalui pemutaran film, Penyuluhan Bela Negara dan Rekruitmen TNI, BOP PAUD, Penerimaan Bantuan Bibit Pohon Mangga dan terakhir Pasar Murah.

Untuk Dana dan Sumber Dana TMMD adalah yang pertama dari APBD I (2P.0A) Fisik sebesar 140.000.000 juta rupiah, kedua dari APBD I (2P.0A) SST sebesar 35.000.000 juta rupiah, ketiga dari APBD I UP Buka/Tutup sebesar 5.000.000 juta rupiah, terakhir dari APBD II sebesar 708.000.000 juta rupiah, dengan total alokasi anggaran semuanya mencapai 888.000.000 juta rupiah. Sedangkan untuk pengerahan Tenaga Kerja TMMD terdiri dari personel TNI (Kodim 0713/Brebes) sebanyak 40 orang/hari, Polri 2 orang/hari, dari Pemda 5 orang/hari, dari PU 3 orang/hari, terakhir dari masyarakat sebanyak 50 orang/hari, dengan total 100 orang/hari.

Dandim 0713/Brebes yang mewakili Kasad selaku penanggung jawab operasional TMMD TA. 2016 menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil atas terselenggaranya kegiatan TMMD Ke-97 TA. 2016 (TMMD Sengkuyung II Kecamatan Banjarharjo) ini dengan aman dan lancar sesuai rencana serta harapan dengan pencapaian hasil 100 %, Beliau juga menuturkan bahwa program ini tidak akan berhasil tanpa bantuan serta pengorbanan dari seluruh pihak terkait dan masyarakat itu sendiri.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung II ini dilakukan pemotongan pita Bazar/Pasar Murah dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian penggunaan jalan hasil TMMD tersebut oleh Dandim 0713/Brebes dan Wakil Bupati Brebes.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer