BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Makodim 0727/Karanganyar
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Makodim 0727/Karanganyar

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Makodim 0727/Karanganyar

Peringatan hari kesaktian pancasila harus dijadikan sebagai tonggak untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai kesaktian pancasila itu sendiri. di tengah terpaan pengaruh kekuatan global kita seharusnya menguatkan dan melengkapi diri agar tidak terjerembab dalam lika-liku zaman sekarang. 
Pancasila adalah dasar negara, Pancasila adalah asas tunggal dan menjadi sumber hukum yang mengatur kehidupan berpolitik. Pancasila juga dapat dikatakan sebagai sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan legitimasi kekuasaan, hukum serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara. “Ujar Komandan Kodim 0727/Karanganyar saat memberi pengarahan setelah upacara peringatan 1 oktober 2015 di halaman Makodim 0727/Karanganyar.

Upacara tersebut diikuti seluruh prajurit, PNS jajaran Kodim 0727/Karanganyar dan juga Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Dim 0727/Karanganyar. Lebih lanjut Dandim 0727/karanganyar mengatakan bahwa Pancasila mengandung berbagai makna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diantaranya Moralitas pada sila “Ketuhanan Yang Maha Esa” mengandung pengertian bahwa negara Indonesia bukanlah negara teokrasi yang hanya berdasarkan kekuasaan, penyelenggaraan negara, Kekuasaan kepala negara tidak bersifat mutlak melainkan berdasarkan legimasi hukum serta legimasi demokrasi. Pada sila“kemanusiaan yang adil dan beradap” mengandung makna bahwa negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradap. Marilah kita jaga keutuhan NKRI dengan berpegang teguh pada dasar negara kita yaitu Pancasila.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer