BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upacara Peringatan HUT Damkar ke-96 dan Satpol PP ke-65, Satlinmas ke-53 Tahun 2015 di Alun-alun Kabupaten Brebes
Upacara Peringatan HUT Damkar ke-96 dan Satpol PP ke-65, Satlinmas ke-53 Tahun 2015  di Alun-alun Kabupaten Brebes

Upacara Peringatan HUT Damkar ke-96 dan Satpol PP ke-65, Satlinmas ke-53 Tahun 2015 di Alun-alun Kabupaten Brebes

Brebes, Upacara Peringatan HUT Damkar ke-96 dan Satpol PP ke-65, Satlinmas ke-53 Tahun 2015 di Alun-alun Kabupaten Brebes, yang dihadiri Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE, Wakil Bupati Narjo SH dan Forkopimda Kabupaten Brebes. Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE selaku pimpinan upacara peringatan Hari Pemadam Kebakaran yang ke-96 dan Satuan Polisi Pamong Praja ke-65, Satuan Perlindugan Masyarakat ke-53 Tahun 2015 ini, Senin (23/3/2015).

Dalam sambutannya Bupati Brebes Idza Priyanti SE, mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. “Stop Kerusakan lahan dan hutan sekarang juga”, tegas Idza.

Menurutnya, kerusakan lahan dan hutan akibat kebakaran juga ikut menjadi faktor pemicu perubahan iklim yang salah satu dampaknya adalah naiknya suhu permukaan bumi. Selain itu berakibat juga pada terjadinya kekeringan, dan memicu semakin meningginya kejadian kebakaran.

“Dengan terus berkurangnya lahan, padatnya kegiatan pembangunan dan penduduk yang pada akhirnya menimbulkan masalah semakin tingginya tekanan dan kerusakan lingkungan hidup,” ucapnya lagi.

Sementara untuk penyelenggaraan sub urusan kebakaran, peran institusi pemadam kebakaran sangatlah strategis. Hal ini mengingat tugas dan fungsi pemadam kebakaran yang sangat berat, yang dikenal dengan sebutan panca dharma, yaitu; pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan jiwa dan harta benda, pemberdayaan komunitas sukarelawan pemadam kebakaran, penangan kebakaran bahan berbahaya dan beracun.

“Melihat tugas dan fungsi serta beban kerja tanggungjawab pemadam kebakaran yang sangat berat sudah seharusnya kita hargai dengan sungguh-sungguh. Setiap hari mereka harus siaga dalam 24 jam. Siap siaga kebakaran tanpa mengenal hari libur, pantang menyerah dan pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya demi penyelamatan korban kebakaran dan bencana,” tambah Bupati.

Perusahaan miliki alat pemadam kebakaran

Untuk membantu meringankan beban dan tugas para anggota pemadam kebakaran ini, Bupati berharap baik masyarakat, swasta dan jajaran pemerintah agar bersama-sama memperhatikan dengan sungguh-sungguh melakukan pencegahan, pengendalian dan pemadaman dini kebakaran pemukiman, hutan dan lahan terutama melakukan tindakan pelarangan pembakaran hutan dan lahan.

“Akan kami adakan sidak dan pengawasan terhadap kewajiban perusahaan agar memiliki atau menempati gedung dengan fasilitas, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran,” tutup Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan kunci mobil Brandweer dan surat tugas kepada UPT Pemadam Kebakaran Bumiayu dan Brebes yang baru.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer