BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upaya Khusus Babinsa Koramil 16/Tulung Bantu Petani Tanam Padi
Upaya Khusus Babinsa Koramil 16/Tulung Bantu Petani Tanam Padi

Upaya Khusus Babinsa Koramil 16/Tulung Bantu Petani Tanam Padi

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16 / Tulung Kodim 0723/Klaten, Pelda Safrudin turun ke sawah membantu petani menanam padi IR 64 di lahan seluas 1800 M² milik kelompok tani (Poktan) “Sedyo Maju” Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten (11/02/2019).

Kegiatan tersebut merupakan suatu kepedulian TNI AD khususnya Koramil 16 / Tulung Kodim 0723 Klaten dalam membantu pemerintah daerah menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Klaten, sekaligus melaksanakan instruksi Komandan Kodim (Dandim) 0723 /Klaten yang telah memerintahkan para Babinsanya untuk membantu petani.

Menurut Babinsa, Pelda Safrudin, jenis padi yang ditanam adalah padi IR 64, sesuai kontur tanah dan lahan persawahan, agar hasil panennya melimpah.

“Selain menanam padi, saya juga membantu menyiapkan lahan. Dengan turunnya Babinsa membantu petani, diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani dalam mengolah lahannyan sehingga program swasembada pangan di Klaten dapat terwujud,” ujar Babinsa.

Di tempat terpusat, Komandan Koramil (Danramil) 16 / Tulung Kapten Cpl. Tri Joko dalam setiap pengarahannya menyampaikan bahwa sebagai komando kewilayahan, agar selalu mendorong dan mendukung program pemerintah yang mencanangkan program swasembada pangan nasional, dengan menerjunkan aparat teritorialnya, khususnya para Babinsa untuk selalu bersama masyarakat petani dalam rangka meningkatkan hasil panen.

“Apabila hasil panen meningkat, maka kesejahteraanpun semakin meningkat. Dengan meningkatnya kesejahteraan, maka ketahanan nasional akan semakin kuat, dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula,” kata Danramil Kapten Cpl  Tri Joko.

Menurutnya, kedepan diharapkan ketahanan pangan di Indonesia sudah terwujud, sehinggadi masa yang akan datang Indonesia menjadi negara swasembada pangan yang mumpuni serta tidak perlu lagi mengimpor beras dari negara lain. Dengan ketahanan pangan yang kuat maka ketahanan nasional secara otomatis akan semakin kuat dan situasi keamanan juga akan semakin kondusif, karena rakyatnya sejahtera,imbuhnya.