BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upaya Koramil 09/Prambanan Dalam Mengatasi Lonjakan Harga Cabe
Upaya Koramil 09/Prambanan Dalam Mengatasi Lonjakan Harga Cabe

Upaya Koramil 09/Prambanan Dalam Mengatasi Lonjakan Harga Cabe

(Prambanan) – Rabu (11/01). Koramil 09/Prambanan Kodim 0732/Sleman sebagai satuan Teritorial paling bawah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat tentunya merasa terpanggil dan tergerak terhadap perkembangan situasi di wilayah terkait dengan masalah harga sembako dalam hal ini adalah kenaikan harga cabe yang dirasakan cukup tinggi, dan yang melatar belakangi kenaikan harga tersebut diantaranya adalah pasokan cabe menjadi jauh berkurang dan langka dikarenakan faktor hama dan curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan cabe mudah busuk.

Harga cabe dipasaran saat ini melambung tinggi dan mencapai Rp.100.000,- ( seratus ribu rupaih ) per kg. Hal ini disebabkan karena pasokan yang berkurang akibat gagal panen. Sehubungan adanya himbauan maupun perintah dari Komando Atas, Koramil 09/Prambanan berupaya menanam cabe di lingkungan Kantor Koramil, dengan harapan bisa memberikan contoh kepada seluruh anggota untuk menanam cabe di lingkungan rumah masing-masing dan terlebih juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat luas.

Menghadapi situasi yang demikian, Danramil 09/Prambanan Kapten INF Kusno menghimbau kepada Babinsa supaya bertindak cepat melakukan upaya untuk menggalakkan program tanam cabe dengan memberikan motivasi kepada warga binaannya agar menanam cabe per KK minimal 10 polibag. Program ini menurut Danramil 09/Prambanan menjadi momentum pembelajaran bahwa cabe sebenarnya mudah ditanam di pekarangan ataupun di tempat yang sempit, bahkan bisa dilakukan dengan cara hidroponik yang terpenting adalah ada niat, kemauan dan tekat yang bulat untuk berupaya menanam cabe sehingga dapat mengurangi biaya pengeluaran atau dapat menghemat biaya kehidupan yang semakin hari semakin terasa begitu tinggi biaya kehidupan sehari – hari.

Apabila masyarakat secara sadar sudah menanam cabe di pekarangan rumah masing-masing maka kenaikan harganya tidak mungkin menjadi fantastis, upaya penanaman cabe tersebut juga sebagai solusi dalam mengatasi lonjakan harga cabe seperti sekarang ini semoga apa yqng kita lakukan dapat menjadikan setimulant di tengah masyarakat dan juga sebagai kegiatan tambahan yang bermanfaat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer