BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upaya Pengendalian Hama Tikus
Upaya Pengendalian Hama Tikus

Upaya Pengendalian Hama Tikus

Dalam upaya pengendalian hama padi khususnya tikus, pada 24-03-2015 dilaksanakan kegiatan pembuatan karantina burung Tito Alba di Desa Tegalsari Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang yang dihadiri oleh Danramil 12/Tulis Kapten Inf M. Daru, Kades Tegalsari Bambang Sasongko, SH, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Adhi Susilo, Ketua Gapoktan Desa Tegalsari Sahrir beserta anggota Gapoktan serta Babinsa Koramil 12/Tulis.

Upaya pengendalian hama tikus harus dilakukan dengan berbagai cara karena habitat tikus sangat komplek, selain itu pengendalian tikus harus dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan, apalagi kalau dilihat dari sisi proses reproduksi dan sifat serangan tikus yang relatif sangat cepat, maka perlu adanya upaya pengendalian dengan sistim terpadu, sehingga diharapkan dengan sistim ini populasi tikus dapat ditekan, terang PPL Adhi Susilo.

Lebih lanjut Adhi mengatakan bahwa salah satu komponen Pengendalian Hama Terpadu (PHT) adalah pemanfaatan musuh alami yaitu dengan Burung Hantu Tyto alba, dan ini sudah terbukti ampuh dan efektif kalau burung predator tikus Tyto alba dapat mengendalikan hama tikus.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer