BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Upsus Bersama Koramil-13/Leksono
Upsus Bersama Koramil-13/Leksono

Upsus Bersama Koramil-13/Leksono

Koramil-13/Leksono melaksanakan kegiatan secara bersamaan di bawah Babinsa masing- masing desa yaitu Desa Jonggolsari, Desa Sawangan, Desa Durensawit, Selasa (23/8). Kegiatan 3 desa berbeda-beda namun masih dalam satu paket ketahanan pangan.

Kapten Inf Sutarjo menyampaiakan tanam padi jenis Ciherang di Desa Jonggolsari, binaan Babinsa Serda Suparyanto. Diatas lahan milik bapak Edy seluas 0,4 ha, dalam naungan kelompok tani Tani Utomo.Kegiatan upsus yang lain yaitu penyiangan tanaman padi jenis Ciherang di lahan milik bapak Sistoyo kelompok tani Pantes, dengan luas 0,5 ha binaan babinsa Serda Lilik Andi. Kelompok tani Margo Mulyo desa Durensawit binaan Babinsa Koptu Imron melaksanakan panen padi jenis Barito. Panen dilaksanakan di lahan milik bapak Sarmin, dengan luas 0,3 ha dan mendapat 2,6 ton gkp. Hasil panen sebagian di konsumsi sendiri, sedang yang lain di jual untuk biaya operasional penanaman kembali musim tanam berikutnya,tambahnya.

Oleh Koptu Imron babinsa desa Durensawit bapak Sarmin di sarankan untuk hasil panen yang tidak di konsumsi, supaya di jual ke Bulog biar menambah stok beras yang ada di Bulog. Dengan demikian ketersediaan pangan nasional akan mapan, serta sebagai wujud timbal balik kepada Pemerintah yang sudah berupaya mensejahterakan para petani lewat subsidi bidang pertanian. Baik berupa subsidi bibit, pupuk dan alsintan yang sudah para petani terima. Lewat kordinasi yang sudah berjalan dengan para PPL, kami babinsa dengan sabar memberikan pengertian kepada petani dari proses tanam sampai ke jenjang penjualan. Jangan sampai kena bujuk rayu para tengkulak, kita sadari bersama memang harga tengkulak lebih tinggi. Namun kita para babinsa harus berusaha bersama PPL dan Gapoktan yang ada, agar ketahanan pangan terwujud, stok pangan terjaga, sehingga kondisi sosial akan kondusif, jelas Koptu Imron.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer