BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Utamakan Kepentingan Bangsa
Utamakan Kepentingan Bangsa

Utamakan Kepentingan Bangsa

UUD 1945 pasal 27 ayat 3 menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikutserta dalam usaha pembelaan negara, dan menurut UU RI Nomor 3 tahun 2002 pasal 9 ayat 1 tentang Pertahanan Negara, bahwa upaya bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, demikian yang disampaikan Danramil 02/Limpung Kapten Inf Sugito dalam rangka memberikan pembekalan tentang bela negara kepada seluruh Perangkat Desa se Kecamatan Limpung dalam acara “Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang Undangan Bagi Perangkat Desa Yang Baru” yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Limpung, Selasa (22/11/2016).

Hal ini (bela negara) bukan merupakan hanya kewajiban dari dasar manusia, melainkan juga untuk kehormatan warga negara sebagai salah satu wujud pengabdian dan sikap rela berkorban terhadap bangsa dan negara. Bela negara yang dilakukan oleh warga negara merupakan salah satu bentuk hak dan kewajiban untuk membela serta mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari berbagai macam ancaman yang datang darimana saja. Pembelaan negara ini yang diwujudkan dengan ikutserta di dalam upaya pertahanan negara yang merupakan salah satu bentuk tanggungjawab dan kehormatan tiap warga negara. Untuk itulah setiap warga negara Indonesia harus rela berkorban dgn penuh kesadaran, keikhlasan dan ikut mempertahankan kelangsungan hidup bangsa, serta mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan kelompok dan kepentingan kelompok diatas kepentingan pribadi, terang Danramil.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, “kita sebagai anak bangsa harus bersama-sama menjaga dan memperkokoh Kebhinneka Tunggal Ikaan demi tetap tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini”. Dan “mari kita bersama-sama pererat dan perkokoh persatuan dan kesatuan kita dengan menjaga Kebhinneka Tunggal Ikaan kita dengan kembali menerapkan nilai-nilai jati diri bangsa nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat”.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer