BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Wisata Edukasi, Siswa-siswi TK Kartika III-26 Dim 0703 Cilacap Kunjungi Museum Soesilo Soedarman
Wisata Edukasi, Siswa-siswi TK Kartika III-26 Dim 0703 Cilacap Kunjungi Museum Soesilo Soedarman

Wisata Edukasi, Siswa-siswi TK Kartika III-26 Dim 0703 Cilacap Kunjungi Museum Soesilo Soedarman

Cilacap-Guna memberikan edukasi tentang sejarah TNI di usia dini, TK Kartika III-26 yang berada dibawah pembinaan Kodim 0703 Cilacap mengajak siswa-siswinya berkunjung ke Museum Soesilo Soedarman yang berada di Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Selasa (11/2).

Kenapa dipilih Museum Soesilo Soedarman, tentunya bukan tanpa alasan, mengingat nama tersebut diambil dari salah satu putra daerah setempat yang pernah menjabat sebagai petinggi TNI tempo dulu. Dia adalah Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Jadi tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk mengedukasi dan memotivasi para siswa- siswi yang begitu menggandrungi TNI.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah TK Kartika III-26 Cilacap Ibu Rr. Sumi Jumikah saat mendampingi anak didiknya. Ia mengatakan, kunjungan ke museum menjadi lebih menarik dengan adanya koleksi alutista jadul (jaman dulu) seperti Panser Amfibi buatan Rusia tahun 1958, pesawat terbang Patroli maritim jenis Nomad N-22, selain itu ada juga Tank Kavaleri dan berbagai senjata berat seperti meriam Marinir, senjata pertahanan udara serta peluru kendali SAM-75 AURI yang dipajang dihalaman Museum.

“Anak-anak langsung berebut ingin naik keatasnya, mereka begitu gembira saat masuk ke dalam museum, ternyata disana juga terpajang ratusan koleksi pribadi milik Sang Jenderal semasa hidupnya, seperti foto dokumentasi, seragam militer, senjata api dengan berbagai jenis, dan replika pesawat, tank dan kapal yang sangat disukai anak- anak,” katanya.

Selain itu didalam museum juga terdapat berbagai koleksi budaya jawa seperti pakaian adat, wayang kulit dan gamelan yang akan menambah rasa cinta terhadap kekayaan budaya bangsa.

“Harapanya dengan kegiatan ini, akan lebih mendidik dan mengenalkan para siswa tentang sejarah TNI, sehingga akan tumbuh rasa patriotisme dan nasionalisme di dalam hati mereka, ” imbuhnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Pembina Harian TK Kartika III-26 Cilacap, Pasipers Kodim, Kapten Cpm Agus Santoso membenarkan adanya kegiatan kunjungan rombongan siswa siswinya ke Museum Soesilo Soedarman. Menurutnya kegiatan tersebut sangatlah positif dan dipandang penting untuk menambah minat anak-anak.

“Untuk menjamin kelancaran kegiatan tersebut, kami dari Kodim 0703 Cilacap sudah menyiapkan beberapa personel seperti Provost, Tim Medis dan Babinsa setempat untuk mendampingi para guru, siswa dan juga wali murid yang turut juga turut mendampingi selama pelaksanaan kunjungan. Semoga kegiatan dapat berjalan lancar sesuai harapan kita semua,” ujar Kapten Agus Santoso.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer