BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Ziarah Merupakan Wujud Ikatan Spiritual Prajurit Dengan Leluhur
Ziarah Merupakan Wujud Ikatan Spiritual Prajurit Dengan Leluhur

Ziarah Merupakan Wujud Ikatan Spiritual Prajurit Dengan Leluhur

Menyambut HUT ke-72 TNI dan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro, dilaksanakan ziarah ke makam Pangeran Diponegoro, Jenderal Gatot Subroto dan Jenderal Besar H.M. Soeharto.

Dalam sambutan saat ziarah di Makam Jenderal Besar H. M. Soeharto (3/10/2017) terķait ziarah yang dilaksanakan Kodam IV, Mayjen TNI Tatang Sulaiman menyampaikan bahwa ziarah ke makam Pangeran Diponegoro, karena selain sebagai nama satuan Kodam IV/Diponegoro, Pangeran Diponegoro juga memiliki ikatan spiritual dengan Prajurit Kodam IV/Diponegoro.

Pangeran Diponegoro telah mengorbankan jiwa raganya bahkan rela diasingkan di Makassar.

Sedangkan Jenderal Gatot Subroto merupakan sesepuh Kodam IV/Diponegoro sebagai Panglima Divisi I yang juga sebagai cikal bakal Kodam IV/Diponegoro dan Jenderal Besar H.M. Soeharto selain mantan Presiden RI, juga merupakan sesepuh/tokoh Kodam IV/Diponegoro yang tercatat pernah menjabat Pangdam ke-3.

Dijelaskan, pada kesempatan ziarah ini kita memanjatkan do’a kepada pendahulu dan sesepuh Kodam IV/Diponegoro semoga almarhum diterima disisi Allah SWT dan ditempatkan ditempat yang mulia, itulah kewajiban kita untuk mendoakan para pendahulu/sesepuh kita yang sudah merintis satuan Kodam IV/Diponegoro.

Disisi lain kita dapat mengambil pelajaran, sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan, yang apabila sudah sampai waktunya suatu saat akan kita terima estafet kepemimpinan itu.

Kegiatan ini merujuk kegiatan komando atas dalam merintis kembali tradisi untuk ziarah kepada leluluhur satuan kita, sekaligus berharap agar seluruh rangkaian kegiatan HUT dapat berjalan dengan lancar, aman dan selamat baik personel maupun materiil, pinta Pangdam IV.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer